Pelatih Barcelona Tunjuk Dua Pemain Muda Gantikan Luis Suarez

Barcelona Tunjuk Dua Pemain Muda Gantikan Luis Suarez, Ini Potensi Mereka

Gilabola.com – Pelatih Barcelona, Quique Setien, secara mengejutkan menunjuk dua pemain yunior Blaugrana sebagai pengganti Luis Suarez.

Barca semula tengah mempertimbangkan apakah mereka akan datangkan pemain baru atau tidak,  yang bisa mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Luis Suarez. Bintang asal Uruguay itu terpaksa absen di sisa musim ini, karena harus jalani operasi lutut. Namun secara mengejutkan, Setien yang baru ditunjuk awal pekan ini malah mencari pemain Barca B sebagai solusinya.

Ada beberapa pemain di skuad Blaugrana yang bisa mengisi posisi Suarez, tapi Setien inginkan pemain nomor sembilan murni. Pelatih 61 tahun itupun beri kesempatan pada Abel Ruiz dan Alejandro Marques untuk mencoba dan mengklaim posisi mereka di skuad utama.

Kedua striker ini sudah dipanggil Setien dalam latihan skuad utama, Kamis (16/1) waktu setempat. Salah satu di antaranya berpeluang masuk dalam skuad Barca yang akan hadapi Granada akhir pekan ini. Berikut ini profil keduanya, seperti dilansir Marca:

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Abel Ruiz
Pemain ini masih berusia 19 tahun, dan baru akan genap 20 tahun pada 28 Januari mendatang. Ia diketahui sebagai pencetak gol, yang juga bisa bermain di lini sayap, walau mulai kehilangan beberapa keunggulannya di bawah asuhan pelatih Xavier Francesc Garcia Pimienta.

Pertandingan pertama tim B yang disaksikan langsung pelatih Barcelona, Quique Setien, yakni laga melawan Badalona pada tengah pekan ini, melihat bagaimana permainan Ruiz yang baru dimainkan di menit ke-81. Dia dikerahkan di posisi sayap kiri, tapi gagal memberi dampak bagi timnya setelah hanya bermain selama sembilan menit.

Ruiz sempat ikuti tur musim panas bersama tim utama, dan selalu mendapat pujian setinggi langit dari petinggi Barca. Namun, kontraknya akan berakhir pada 2021 mendatang, dan Blaugrana berniat melepasnya jika mereka mendapat tawaran yang bagus.

Abel Ruiz juga sudah membela Spanyol di banyak kategori usia, bahkan menaklukkan benua lewat Kejuaraan Eropa U-17 dan U-19.

Sejauh musim ini, dia sudah tampil dalam 16 pertandingan Barca B di Divisi Segunda B, mencetak tiga gol dan dua assists.

Alejandro Marques
Striker Spanyol yang lahir di Venezuela ini terkenal dekat dengan rekan-rekan satu timnya. Namun, ia kehilangan daya mencetak gol musim ini.

Kontrak Marques di Barcelona sudah akan kadaluarsa pada musim panas mendatang, dan tak ada kesepakatan yang tercapai untuknya memperpanjang kontraknya di Camp Nou, hingga perannya di Barca B makin berkurang, di mana ia hanya bermain selama 386 menit dan gagal mencetak gol.

Dia akan berusia 20 tahun pada 4 Agustus mendatang, dan sudah putuskan untuk membela Spanyol di mana ia pernah mengangkat trofi Kejuaraan Eropa U-19 musim panas tahun lalu.

Mereka yang bertanggung jawab atas La Masia  percaya, Marques merupakan  salah satu prospek klub yang paling cemerlang. Namun,  tampaknya masa depan jangka panjangnya jauh dari Barca, ​​kecuali ada perubahan mendadak.

Abel Ruiz dan Marques sama-sama saling mengenal dengan baik dan mereka berhasil mengangkat trofi UEFA Youth League terakhir yang dimenangkan Barcelona. K​eduanya mainkan peran utama di final melawan Chelsea pada 2018 lalu, di mana Blaugrana menang 3-0 lewat dua gol Marques dan satu gol Abel Ruiz.