Pemain Athletic Bilbao Mengaku Dapat Cemoohan Rasial

Pemain Athletic Bilbao Mengaku Dapat Cemoohan Rasial

Gilabola.com – Pemain Athletic Bilbao, Inaki Williams, mengaku jadi target penghinaan rasial saat timnya ditahan imbang Espanyol, 1-1, di Stadion Cornella El Prat.

Dalam laga ini, Los Leones unggul lebih dulu lewat gol Asier Villalibre di menit 63. Tapi, pada babak kedua, tepatnya di menit 63, Raul Tomas mampu menyamakan kedudukan dalam laga yang digelar Sabtu (25/1) malam WIB.

Namun yang menarik perhatian, sikap suporter tuan rumah yang melayangkan hinaan rasial terhadap Williams. Pesepakbola keturunan Ghana berpaspor Spanyol inipun mengkritik insiden tersebut, dan kabarnya pihak klub sudah turun tangan.

“Tidak boleh ada pemain berkulit hitam atau siapapun yang mendengar [hinaan rasis] itu,” kata Williams pada laman resmi klub.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

“Ini sepenuhnya kacau. Para penonton seharusnya datang ke stadion untuk menikmati jalannya pertandingan,” ujarnya.

“Mereka seharusnya mendukung tim mereka, karena sepak bola adalah olahraga tim dan harusnya dimainkan di suasana penuh persahabatan,” ungkapnya.

“Sangat disayangkan, kita alami aksi rasisme di pertandingan sepakbola di tahun 2020. Ini hari yang menyedihkan, karena insiden-insiden seperti ini tak mendapat tempat di dunia sepakbola,” tambah Inaki Williams.

Javier Tebas selaku presiden otoritas liga (LFP) menyebut insiden tersebut sebagai ‘langkah mundur dari dunia sepakbola Spanyol’.

Pihak Espanyol pun tidak tinggal diam, dengan melakukan investigasi internal untuk mencari tahu siapa yang melakukannya.

Sementara itu, pihak kepolisian Catalan menginformasikan adanya perkelahian antara dua kelompok suporter jelang pertandingan, tepatnya di tengah kota Barcelona dan sekitar stadion.

Pada awal Januari, pertandingan antara Rayo Vallecano melawan Albacete juga harus dihentikan karena adanya chant berbau Nazi kepada Roman Zozulya, yang disinyalir terlibat faham sayap kanan di Ukraina.