Pemain Barcelona Bersedia Potong Gaji Demi Membantu Klub

Pemain Barcelona Bersedia Potong Gaji Demi Membantu Klub

Gilabola.com – Pemain Barcelona setuju memangkas gaji mereka demi membantu klub lewati masa krisis akibat penundaan kompetisi di pengujung musim ini.

Skuad utama Barca dan hirarki klub menilai pemotongan gaji para pemain – dan kemungkinan lakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sementara bisa membantu klub untuk lewati masa-masa krisis seperti sekarang ini.

Diungkapkan Sport, Presiden Blaugrana, Josep Maria Bartomeu, bahkan sudah ungkapkan rencana klub kepada kapten tim, Lionel Messi, dan juga Sergio Busquets, Sergi Roberto serta Gerard Pique, bahwa mereka kemungkinan besar akan memotong gaji mereka.

Hingga akhirnya, pemain Barcelona dan klub berhasil mencapai kesepakatan terkait rencana tersebut, meskipun ini menjadi salah satu opsi yang akan diambil klub karena masih ada beberapa cara lain yang bisa ditempuh. Namun, baik klub maupun pemain melihat kemungkinan pemotongan gaji sebagai hal penting di masa krisis global saat ini.

Advertisement
NelayanBet
NelayanBet
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Bartomeu pun dijadwalkan untuk berbicara secara online dengan anggota Asosiasi Klub Eropa (ECA), UEFA dan berbagai liga Eropa lainnya. Dalam pertemuan ini, akan dibahas penggunaan berbagai rumus dari klub-klub lain untuk menangani dampak ekonomi dari wabah pandemi yang tengah terjadi.

Jika Barca benar-benar jadi memangkas gaji para pemainnya, maka itu hanya berlaku pada skuad utama. Sedangkan, untuk sementara ini, bagian lain dari klub seperti tim sepakbola wanita dan tim muda, serta tim-tim dari cabang olahraga lainnya tidak akan terpengaruh dengan kebijakan pemotongan yang akan dilakukan pimpinan Barca.

Pada Sabtu (21/3) lalu diberitakan, pemain Barcelona akan dikenai pemotongan gaji terkait perkembangan yang dialami raksasa Catalan tersebut – dan juga kompetisi La Liga, belakangan ini.

Dalam pertemuan luar biasa dewan pengurus sehari sebelumnya, Barca mempelajari dan mendiskusikan rencana yang bisa dilakukan untuk membantu menangani dampak finansial dari pandemi saat ini. Di antara poin yang diperdebatkan adalah, bagaimana mengurangi biaya yang harus mereka keluarkan selama periode sulit sekarang ini. Hal itu bisa membuat klub harus memotong gaji para karyawan, bahkan lakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sementara anggota staf mereka.

Selain karyawan klub, para pemain juga akan alami nasib serupa, yakni alami pemotongan gaji. Barca berpikir untuk meminta para pemain bintang mereka untuk bersedia dipotong upahnya selama beberapa pekan mendatang.

Apalagi, Barcelona harus membayarkan tagihan upah pemain yang mencapai 61 persen dari keseluruhan anggaran klub di musim 2019/20 ini. Mereka harus bayarkan sekitar 507 juta Euro (7,95 triliun Rupiah) setiap tahunnya untuk gaji para pemain Barcelona, dan sekitar 135 juta Euro (2,11 triliun Rupiah) dalam bentuk amortisasi (pembayaran utang atau kontrak).

Karena alasan itulah, dewan pengurus Blaugrana kemungkinan harus mengambil langkah drastis untuk memastikan hilangnya pendapatan yang disebabkan wabah saat ini tidak memukul klub terlalu keras.