Pep Guardiola: Saya Tak Akan Pernah Melatih Barcelona Lagi

Pep Guardiola bersama Lionel Messi saat masih menjadi manajer FC Barcelona
Pep Guardiola bersama Lionel Messi saat masih menjadi manajer FC Barcelona

Berita Bola – Pep Guardiola menegaskan dia tidak akan pernah kembali untuk periode kedua sebagai pelatih Barcelona dan juga tidak tertarik menjadi presiden di Camp Nou.

Josep Guardiola mendalangi era emas klub Catalan itu antara 2008 dan 2012, meraih tiga gelar La Liga, dua Liga Champions dan dua trofi Piala Dunia Klub di antara sejumlah gelar yang dikumpulkannya selama empat musim.

Kesuksesan serupa juga terjadi di Bayern Munchen, sebelum pelatih berusia 47 tahun itu mengantarkan Manchester City meraih gelar juara Premier League dan Piala EFL di musim ini. Namun karena ia pernah menjadi pemain dan pelatih Blaugrana, rumor keterikatannya dengan Barcelona tak bisa pernah surut.

BACA:  Direktur Olahraga AS Roma Ogah Gabung ke Barcelona

Dia masih secara teratur menyatakan dirinya sebagai penggemar Barcelona namun tidak akan lebih jauh daripada itu.

“Waktu saya di sana sebagai pelatih sudah selesai karena saya tidak sama seperti dulu. Begitu juga cara mereka melihat saya tidak sama lagi,” kata Guardiola kepada TV3.

“Saya sempat berada di sana. Itu adalah periode yang fantastis dengan beberapa pemain luar biasa, seorang presiden muda [Joan Laporta], Txiki [Begiristain, sekarang direktur sepakbola City].”

“Itu adalah generasi pemain yang brutal dan pemain terbaik di dunia [Lionel Messi]. Pemain bintang berkumpul jadi satu.”

Pekerjaan sebagai petinggi klub bukanlah sesuatu yang Guardiola inginkan, karena dia ingin menikmati hobinya yang lain saat dia mengakhiri karirnya sebagai pelatih.

“Presiden? Tidak, saya seorang pelatih dan saya sangat baik dalam melakukan apa yang saya lakukan [sebagai pelatih], tapi saya tak mungkin bagus dalam semua hal,” katanya. “Ketika saya berhenti melatih, Anda akan menemukan saya bermain golf.”

Di musim keduanya bersama Manchester City, Pep Guardiola berhasil meraih gelar juara Premier League dengan mencatat rekor sebagai tim yang mengumpulkan 100 poin. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

BACA:  Wasit Fans Manchester United Tak Membuat Guardiola Panik

Tapi Guardiola masih merasa mantan klubnya, yang telah meraih dua gelar di bawah asuhan Ernesto Valverde, tetap menjadi yang terbaik.

“FC Barcelona adalah tim terbaik musim ini, meskipun mereka tidak memenangkan Liga Champions,” tambahnya.