Pep Guardiola Yakin Xavi akan Beri Energi Positif pada Barcelona

Pep Guardiola menyambut gembira kedatangan Xavi Hernandez sebagai pelatih baru Barcelona, dan yakin mantan bintang Blaugrana itu akan membawa energi positif ke Camp Nou.

Gilabola.com – Guardiola yang juga pernah mengasuh Xavi di tahun 2008 hingga 2012 itu, bahkan menilai mantan gelandangnya itu bisa membalikkan situasi di Barcelona.

Xavi secara resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Barca pada hari Senin (8/11) waktu setempat, dan hadapi tantangan besar di mana tim itu harus berjuang mati-matian di ajang La Liga. Apalagi, saat ini Barca terpaut hingga 11 poin di belakang pemuncak klasemen, Real Sociedad.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Pep Guardiola tentu saja sangat mengenal Xavi, walau ia tak suka dibanding-bandingkan dengan mantan andalannya itu, tapi pelatih Manchester City tersebut berpikir pelatih 41 tahun tersebut bisa tawarkan banyak hal kepada tim Catalan itu.

“Saya bukan pewaris siapa-siapa, dan Xavi pun tak harus menjadi pewaris saya,” tegas Guardiola, seperti dilansir Barca Blaugranes.

“Jika Joan Laporta dan dewan memilih Xavi, maka itu karena jutaan pro dan sedikit kontra. Dia sangat mengenal klub itu, dan dia akan memberi energi positif ke dalamnya, ini terkait bagaimana dia sangat menikmati sepak bola, dan juga karena dedikasinya. Dia selalu memandang positif dari segala sesuatu yang terjadi,” tambahnya.

“Dengan permainannya yang berkelas, dedikasi dan usahanya, saya yakin dia bisa memperbaiki situasi di klub itu,” ujar Guardiola.

Sementara Xavi juga sempat ditanya mengenai Pep Guardiola daValam sebuah konferensi pers setelah ia diperkenalkan, mantan pelatih Al Sadd itu mengaku sangat menghormati mantan pelatihnya tersebut.

“Jika orang-orang membandingkan saya dengan Guardiola, saya pikir itu sesuatu yang positif, dia manajer sepak bola yang terbaik di dunia ini,” tandas Xavi.

Sebelumnya diberitakan, pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique yang mantan manajer Barcelona juga sangat menyambut gembira kedatangan Xavi ke Camp Nou. Ia berharap, mantan pemainnya itu akan memenangkan banyak hal di bekas klubnya tersebut.

Mantan andalan Pep Guardiola itu menggantikan Ronald Koeman yang dipecat setelah kekalahan demi kekalahan dialami Sergio Busquets dan kawan-kawan sejauh musim ini. Setelah kehilangan Lionel Messi dan Antoine Griezmann, Barca makin terpuruk dan melorot hingga ke peringkat sembilan klasemen sementara musim ini.

Xavi sebelumnya sudah santer dikabarkan akan mengasuh Barca, bahkan sebelum Koeman datang. Namun, ia memberi jalan bagi mantan pelatih Timnas Belanda itu untuk kembali ke Camp Nou, dan Xavi memperpanjang kontraknya di Al Sadd. Namun kini, Xavi mengambil alih posisi Koeman dan terikat kontrak jangka panjang hingga bulan Juni 2023.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO