Pertandingan Barcelona vs Valladolid Tadi Malam Usai Dengan Dua Kabar Gembira

Gila Bola – Hasil pertandingan Barcelona vs Valladolid pada ajang Liga Spanyol, Selasa dinihari 6 April 2021 menghasilkan dua kabar gembira. Yang pertama adalah keberhasilan Barca menempel ketat Atletico dengan selisih satu poin saja. Selain itu ada kabar gembira kedua.

Kabar gembira nomor dua dari pertandingan La Liga semalam adalah, tidak ada kartu kuning untuk Frenkie de Jong dan Lionel Messi. Kedua pemain bintang dari Barcelona itu sama-sama sudah menerima empat kartu kuning dan akan kena suspensi satu pertandingan jika menerima peringatan pada laga itu.

Masalahnya adalah, hanya dalam waktu lima hari lagi Barcelona akan tandang ke Estadio Alfredo di Stefano untuk El Clasico. Ketiadaan Messi dan De Jong pada laga bergengsi itu bukan saja terlihat aneh, tapi juga akan mengurangi ketajaman serangan Barca. Jadi tidak adanya kartu kuning untuk kedua pemain merupakan sebuah kabar gembira.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Usai skor 0-0 bertahan sampai menjelang akhir, Ronald Koeman coba memperbaiki nasib timnya dengan memasukkan tiga pemain sekaligus pada menit 63: Ronald Araujo, Francisco Trincao dan Martin Braithwaite guna menggantikan Oscar Mingueza, Antoine Griezmann dan Sergio Busquets.

Kecuali nama gelandang yang terakhir ini, dua nama pertama menerima kartu kuning pada babak pertama. Itu merupakan kartu kuning ketiga bagi Mingueza dan Griezmann musim 2020/21 ini.

Sebenarnya ada satu atau dua momen paling penting bagi Barca pada menit 59 saat tuan rumah melepaskan dua serangan beruntun yang tidak beruntung. Yang pertama serangan dari Ousmane Dembele tepat ke arah kiper Jordi Masip. Setelah itu sundulan kepala Griezmann melebar tipis dari sisi gawang.

Sementara itu peluang terbaik bagi tim yang dimiliki legenda Brasil, Ronaldo Nazario, itu terjadi menit 64 saat Jordi Alba sepertinya handball di dalam kotak penalti. Wasit Santiago Jamie Latre yang memimpin laga sempat menghentikan permainan selama satu menit untuk melakukan peninjauan di layar VAR tapi kemudian memutuskan bahwa itu bukan kasus handball. Hal itu tentu sangat melegakan Barcelona.

Pasukan Koeman mendominasi jalannya pertandingan dengan 68 persen kepemilikan bola, mencatatkan 18 percobaan serangan dan delapan tembakan on target. Tapi ternyata tak satu pun menjadi gol. Kiper Valladolid Jordi Masip berjasa sangat besar setelah melakukan delapan penyelamatan selama 90 menit, berbanding hanya satu penyelamatan oleh Marc-Andre ter Stegen.

Pada menit 79 satu pemain tim tamu terkena kartu merah, yakni Oscar Plano, akibat menjatuhkan lawan melalui tackle-nya. Sedikit kurang adil, tapi Ousmane Dembele dalam posisi yang berpeluang besar menghasilkan gol jika saja lolos dari cegatan pemain Valladolid. Mungkin itu alasan wasit memberi kartu merah.

Gol yang dinanti-nantikan akhirnya terjadi pada menit 90 melalui Dembele. Statistik memperlihatkan Valladolid bermain lebih ke belakang dan bertahan mati-matian selama babak kedua, membiarkan skuad Koeman untuk menguasai bola sampai dengan 73 persen. Tim tamu tak berminat melakukan serangan dengan hanya tiga percobaan untuk mencetak gol selama paruh kedua, dengan satu shot on target. Skor 1-0 bertahan sampai peluit panjang!