Quique Setien Kesulitan Rotasi Pemain di Barcelona

Quique Setien Kesulitan Rotasi Pemain di Barcelona

Gilabola.com – Quique Setien hadapi masalah dalam lakukan rotasi pemain di Barcelona.

Masalah sama sebenarnya pernah dialami Setien saat ia masih mengasuh Real Betis. Walau rotasi pemain menjadi filosofi yang tak bisa diterima semua orang di ruang ganti, tapi pelatih 61 tahun itu merasa perlu untuk menjaga skuadnya tetap terhubung.

“Bagi saya, semua pemain penting. Kadang-kadang lebih mudah untuk mengeluarkan pemain ketika mereka bekerja dengan baik daripada ketika mereka sedang buruk, karena saya ingin mencapai akhir musim seperti tahun lalu. Saya mencoba memastikan tak ada pemain yang merasa berada di luar tim,” ujar Setien pada 2018 lalu.

Tak disangka-sangka, dua tahun kemudian dia akan menangani Barca dan mendapati skuadnya saat ini jauh lebih kecil.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Totalnya, Quique Setien memiliki 18 pemain tim utama, belum termasuk satu penyerang yang akan datang, plus Ansu Fati. Tapi, dia kehilangan Luis Suarez dan Ousmane Dembele untuk waktu yang cukup lama, serta Jordi Alba yang juga cedera.

Sejauh musim ini, seperti diungkapkan Sport, tulang punggung skuad asuhan Quique Setien dipimpin sang kiper, Marc-Andre ter Stegen sebanyak 2.700 menit. Lalu diikuti Antoine Griezmann, pemain outfield dengan menit bermain terbanyak, yakni 2.626 menit. Cedera yang dialami Suarez dan Dembele di sepanjang musim ini, telah membuat mantan bintang Atletico itu sulit digantikan.

Terakhir kali ia bermain di San Mames, ketika Griezmann masuk di babak kedua dan Barca tersingkir di Copa del Rey. Pemain baru lainnya, Frenkie de Jong, ada di urutan berikutnya. Mantan gelandang Ajax ini bermain selama 2.618 menit, dan tak ada gelandang yang bermain sebanyak dia.

Lalu ada Sergio Busquets dengan waktu bermain 2.174 menit dan Ivan Rakitic 1.170 menit. Berikutnya, Arthur (1.158 menit) yang belakangan jarang dimainkan karena cedera justru kantongi waktu bermain lebih banyak dari Arturo Vidal, yang bukukan 1.150 menit bermain.

Di lini pertahanan skuad Quique Setien, Gerard Pique mengoleksi 2.593 menit bermain dan memimpin di area tersebut. Pique juga memiliki waktu bermain paling banyak di antara para pemain belakang di musim 2018/19, dengan 4.680 menit. Ia berada di depan Jordi Alba yang bukukan 4.510 menit bermain, di mana posisi Alba kini merosot ke peringkat 11.

Setelah Pique, ada Clement Lenglet dengan 2.321 menit bermain, Sergi Roberto dengan 2.284 menit dan Lionel Messi dengan 2.280 menit bermain. Cedera yang dialami Messi di awal musim ini, telah membuat megabintang asal Argentina absen dan posisinya merosot ke peringkat tujuh daftar menit bermain – anehnya, posisi sama juga diduduki Messi di akhir musim lalu dengan koleksi 4.023 menit bermain.