Quique Setien Yakin Lakoni Karir yang Sulit di Barcelona

Quique Setien Yakin Lakoni Karir yang Sulit di Barcelona

Gilabola.com – Quique Setien akui kesalahan yang terjadi saat Barcelona dikandaskan Valencia menjadi awal dari karirnya yang sulit di Camp Nou.

Pelatih berusia 61 tahun itu sebelumnya mengaku patut disalahkan terkait apa yang terjadi di Mestalla akhir pekan lalu, di mana Blaugrana kalah 0-2. Demikian ungkap Sport.

Itu menjadi laga ketiga yang dipandu Setien di awal karirnya sebagai pelatih Barca. Setelah menang di dua pertandingan sebelumnya, Setien akhirnya harus merasakan kekalahan yang juga menimbulkan kekhawatiran di kubu raksasa Catalan tersebut.

Hanya singkat saja Setien mendapat penghormatan dari orang-orang di dalam klub, seperti direktur, karyawan dan pemain profesionalnya, berkat kealamian dan kedekatannya. Barça yakin mereka punya pelatih dengan integritas tinggi yang benar-benar pekerja keras.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Sejak kekalahan itu mereka juga tahu, Setien punya rasa rendah hati yang tinggi dan bijaksana. Apalagi, hal pertama yang dia katakan kepada orang-orang terdekatnya setelah Barca dikalahkan Valencia adalah, ‘saya yang salah’.

Lakukan kesalahan
Quique Setien percaya, dia telah lakukan kesalahan di timnya – terkait pemain yang dipilihnya untuk pertandingan itu, dan juga taktiknya. Dia berpikir, memperkuat lini tengah dengan ‘pemain yang mahir mainkan bola’ akan memberikan kontrol, tapi ia kemudian mengakui taj ada yang berjalan seperti yang direncanakannya. Terutama di lini pertahanan ketika tim tidak mendapatkan bola.

Dia mencoba untuk mengubah segala hal yang dia pikir tak berjalan baik di bawah asuhan Ernesto Valverde, dan memperkenalkan beberapa varian di tiga pertandingan pertamanya bersama raksasa Catalan tersebut. Di antaranya dengan turunkan tiga pemain di lini pertahanan, dan Sergi Roberto yang bermain lebih statis.

Mantan pelatih Real Betis itupun kemudian mendapat pelajaran berharga. Akan ada konsekuensi setelah kekalahan di Mestalla. Di lini pertahanan, dan juga lini tengah, karena dia sadar mereka kurang kuat di area itu.

Pemain Nomor 9
Meski demikian, satu masalah yang sulit diperbaikinya adalah, kekurangan striker alami seperti halnya Luis Suarez. Lionel Messi tak bisa lakukan apa yang terbaik darinya di sebelah kanan, jika mereka tak punya fokus di jantung penyerangan. Opsi Ansu Fati di sebelah kanan depan juga tak meyakinkan saat ini.

Jika Rodrigo Moreno akhir jadi bergabung ke Camp Nou, dan Ousmane Dembele kembali ke lapangan, maka Quique Setien akan memiliki lebih banyak opsi untuk lakukan perubahan dalam skuadnya seperti yang diinginkannya. Jelas apa yang dia lakukan sejauh ini belum memberikan hasil yang dia cari, walau Setien mengaku telah mendapat pelajarannya. Barcelona tentunya tak boleh terpeleset lagi.