Rapor Pemain Barcelona Pada Kekalahan El Clasico: Messi 530 Menit Tanpa Gol, Lenglet Blunder

Rapor Pemain Barcelona Pada Kekalahan El Clasico: Messi 530 Menit Tanpa Gol, Lenglet Blunder

Gila Bola – Barcelona gagal memanfaatkan keterpurukan Real Madrid saat raksasa Catalonia itu justru dipaksa bertekuk lutut di hadapan rival El Clasico mereka dengan skor 3-1 di Camp Nou, Sabtu (24/10).

Padahal Los Blancos datang ke Catalonia dengan rekor dua kekalahan beruntun, saat Barca menang 5-1 atas Ferencvaros di Liga Champions. Tapi pasukan Ronald Koeman gagal menaklukkan skuad asuhan Zinedine Zidane itu, menyerah dengan skor 3-1 di kandang sendiri.

Di sisi lain, dengan kekalahan di El Clasico pertama musim ini berarti Lionel Messi telah melanjutkan rekor buruknya melawan Los Blancosgagal menjebol gawang tim ibukota Spanyol dalam enam pertemuan teranyarnya, total 530 menit permainan, atau telah gagal mencetak gol ke gawang Madrid sejak kepergian Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018.

Sementara bek senior Gerard Pique mungkin bisa dibilang paling layak disalahkan atas gol pertama tim tamu. Sementara penalti Sergio Ramos terjadi akibat Clement Lenglet menarik jersey sang kapten Los Blancos di kotak terlarang. Akibat kekalahan ini Barcelona kini melorot ke urutan ke-10 klasemen sementara Liga Spanyol, dan berikut rapor pemain mereka usai kekalahan El Clasico di Camp Nou.

  • Neto (5,5) – Tak bisa berbuat banyak atas upaya Fede Valverde menit ke-5. Menebak dengan tepat arah penalti Ramos, tapi tidak cukup cepat untuk menggagalkannya. Agar adil, Neto sempat melakukan dua penyelamatan penting beruntun dari upaya Toni Kroos dan Ramos menit ke-85 dan ke-86. Sayang, dia kembali mencoreng wajahnya dengan blunder yang menghasilkan gol Luka Modric.
  • Jordi Alba (6,5) – Dengan cepat berlari ke ruang kosong yang ditinggalkan Nacho Fernandez, melakukan akselerasi ke jantung pertahanan untuk mengirim assist bagi Ansu Fati.
  • Clement Lenglet (6,0) – Kecepatannya mengagumkan, kerap membantunya mengatasi upaya serangan Madrid yang mengandalkan kecepatan. Namun pertahanannya goyah dan beberapa kali dimanfaatkan para penyerang Los Merengues. Ia bersalah menarik jersey Ramos yang berujung penalti.
  • Gerard Pique (5,0) – Membiarkan ruang kosong di belakangnya diisi oleh Fede Valverde untuk membuka skor.
  • Sergino Dest (6,5) – Sering memenangi duel melawan Vinicius dan Marco Asensio dengan keunggulan fisiknya membantunya bertahan, meski saat menyerang dia beberapa kali kehilangan penguasaan bola.
  • Sergio Busquets (6,0) – Hanya melakukan umpan-umpan sederhana di lini tengah, tak cukup baik untuk mendorong bola maju bagi timnya, dan akhirnya ditarik untuk digantikan oleh Ousmane Dembele.
  • Frenkie De Jong (6,5) – Cepat, energik dan lincah. Beberapa kali punya kesempatan mengancam gawang Madrid, sementara dia juga bekerja dengan sangat baik saat digeser ke bek kiri ketika Barcelona melakukan sejumlah pergantian untuk tampil lebih menyerang.
  • Philippe Coutinho (6,5) – Bermain lebih percaya diri di bawah asuhan Koeman musim ini. Beberapa kali menunjukkan keberanian dalam pengambilan keputusan, termasuk soal mengambil kesempatan menembak. Melewatkan peluang sundulan di awal babak pertama.
  • Ansu Fati (7,5) – Mengalahkan Ramos untuk berlari dan menyambut umpan Alba dan menjebol gawang Courtois lewat penyelesaian yang bagus. Selalu lincah dan sulit dihentikan.
  • Pedri (5,5) – Sosok anonim dalam serangan tuan rumah. Mengejutkan dia bisa dipertahankan hingga menit ke-81 tanpa kontribusi berarti.
  • Lionel Messi (6,5) – Licin dan sulit dihentikan. Melihat peluang mencetak golnya di babak pertama digagalkan Thibaut Courtois. Ketajaman La Pulga agak memudar musim ini.
  • Antoine Griezmann (nihil) – Hanya punya satu sentuhan sejak masuk menit ke-81. Memalukan.
  • Trincao (nihil) – Tak cukup banyak terlibat sejak menggantikan Pedri.
  • Ousmane Dembele (nihil) – Beberapa kali mencoba memanfaatkan kecepatan dan kualitas tekniknya untuk membantu timnya mencetak gol.
  • Martin Braithwaite (nihil) – Masuk untuk menambah daya gedor di kotak penalti.