Real Madrid Akan Bikin Kejutan, Rekrut Jose Mourinho, Ini Lima Alasannya

Real Madrid Akan Bikin Kejutan, Rekrut Jose Mourinho, Ini Lima Alasannya

Real Madrid diyakini akan membuat aksi kejutan, merekrut Jose Mourinho sebagai pelatih kepala menggantikan Santiago Solari dalam beberapa hari mendatang. Ada lima alasan kuat untuk itu.

Pertama, kekalahan 2-0 yang diderita Real Madrid di tangan Real Sociedad hari Senin (7/1) menyebabkan mereka duduk di posisi kelima Liga Spanyol, satu tempat di luar jatah Liga Champions musim depan. Sementara gelar juara La Liga sudah semakin tidak mungkin, presiden klub Florentino Perez tidak akan mau mengambil risiko gagal lolos untuk pertama kalinya ke turnamen kebanggaan mereka itu.

Kedua, pada akhirnya terbukti bahwa Real Madrid terlalu berat untuk Santiago Solari. Sesudah mengawal klub menjalani satu periode kesuksesan, kegagalan muncul usai petualangan mereka di Piala Dunia Klub pertengahan Desember lalu.

Masalah Real Madrid Muncul Usai Piala Dunia Klub

Advertisement
advertisement
advertisement

Santiago Solari mengambil alih posisi pelatih kepala di Santiago Bernabeu usai pembantaian El Clasico 5-1 oleh Barcelona. Pada laga berikutnya mereka menghabisi Melilla di ajang 32 besar Copa del Rey dengan skor 4-0. Setelah itu berturut-turut kemenangan tanpa kebobolan 2-0 lawan Valladolid dan 5-0 di kandang Viktoria Plzen. Sempat kebobolan dua gol pada kemenangan 4-2 di Celta Vigo, Los Blancos kemudian menelan kekalahan 3-0 oleh SD Eibar.

Setelah menghabisi Roma 2-0 pada matchday kelima Liga Champions, Real Madrid menang 2-0 atas Valencia untuk laga Liga Spanyol dan 6-1 atas Melilla pada leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Los Merengues kemudian hanya menang tipis 1-0 atas Hesca dan Rayo Vallecano, sebelum dan sesudah dikalahkan 3-0 ioleh CSKA Moscow pada matchday terakhir. Skuad kemudian terbang ke Uni Emirat Arab untuk mengalahkan Kashima Antlers 3-1 dan Al Alin 4-1 di ajang Piala Dunia Klub.

Sejak itulah masalah dimulai. Los Blancos hanya bisa imbang 2-2 lawan Villarreal pada pertandingan pertama tahun 2019 sebelum kalah 2-0 di tangan Real Sociedad.

Tangan Besi Mourinho Dibutuhkan Real Madrid

Ketiga, Jose Mourinho sangat ingin membuktikan kepada semua orang bahwa mereka semua salah, bahwa ia masih Mourinho yang sama, yang berhasil memberikan trofi di semua klub yang diasuhnya.

Keempat, dalam selang satu bulan lagi Los Blancos akan melakoni laga super penting pada babak 16 besar Liga Champions menghadapi Ajax Amsterdam. Direksi klub tak mau ini menjadi ajang yang mempermalukan juara tiga kali beruntun kompetisi Eropa itu.

Kelima, Los Blancos butuh pelatih yang bertangan besi dan suka menerapkan kedisiplinan seperti Mourinho pada momen seperti ini. Jika tidak begitu, kamar ganti akan berantakan dan penampilan Real Madrid hancur pada akhir musim. Para penentang Mourinho di masa lalu, misalnya kapten Sergio Ramos, mungkin akan menerimanya dan patuh kepadanya, setidaknya untuk sementara waktu.