Ronald Koeman Beberkan Rencana Barcelona di Kandang Atletico

Gilabola.com – Ronald Koeman ungkap rencana yang sudah disiapkannya saat Barcelona tandang ke markas Atletico Madrid, Minggu (22/11).

Dengan absennya sejumlah pemain yang baru datang dari tim nasional masing-masing, virus FIFA sejauh ini tak melanda Barca. Selain keseleo lutut kiri yang dialami Sergio Busquets, untuk saat ini skuad Barca tak alami masalah cedera yang lain.

Meski demikian, mereka sudah dipastikan telah kehilangan Ansu Fati – bahkan selama empat bulan, setelah pemain muda berusia 18 tahun itu jalani operasi. Dengan absennya bintang jebolan La Masia tersebut, Koeman pun harus siapkan ‘tim baru’ yang bisa hadapi Atletico Madrid di Wanda Metropolitano.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Usai jeda internasional bulan ini, Barcelona memiliki 10 pertandingan sebelum tahun 2020 berakhir. Ronald Koeman tentunya mendapat tuntutan maksimal, dengan mempertimbangkan bahwa awal musim ini – khususnya di La Liga, telah berjalan sangat tidak beraturan.

Di pekan ke-9, di mana dua pertandingan masih ditunda, Barcelona bertengger di posisi ke delapan papan klasemen sementara La Liga, dan sembilan poin di bawah pimpinan klasemen, Real Sociedad, bahkan enam poin di bawah calon lawan mereka pekan ini, Atletico Madrid.

Channel Gilabola di Youtube

Di Wanda Metropolitano, raksasa Catalan itu harus kerahkan segala kemampuan mereka melawan sebuah tim yang BELUM PERNAH KALAH di ajang La Liga musim ini. Lalu, dengan absennya Fati dan Busquets, Koeman pastinya akan melibatkan Miralem Pjanic dalam rencananya akhir pekan ini, untuk gantikan veteran Spanyol tersebut di lini tengah, dan Philippe Coutinho atau Pedri untuk menutupi kekosongan yang ditinggalkan Ansu Fati.

Momen ini tentunya menjadi kesempatan bagi Pjanic, yang sejauh ini baru dua kali dimainkan Ronald Koeman sebagai starter dan dua-duanya adalah pertandingan Liga Champions, yakni saat Barca bertemu Ferencvaros dan bekas klubnya, Juventus. Pjanic bahkan baru bermain selama 242 menit, dari kemungkinan 900 menit yang bisa dilakoninya.

Diungkapkan Barca Noticias, meskipun benar adanya bahwa bintang asal Bosnia ini masih berada dalam tahap adaptasi, tapi Pjanic sudah tunjukkan bakat dan kecepatannya di lapangan. Dalam duel melawan Juventus misalnya, dia secara aktif terlibat di lini tengah dan mengakhiri laga tersebut sebagai pemain tercepat dalam pertandingan itu. Walaupun Koeman memiliki Carles Alena dan Riqui Puig di bench, kecil kemungkinan dia akan memiliki salah satu di antara keduanya, dan lebih memilih Pjanic.

Di lini pertahanan Barcelona, ada beberapa hal yang meragukan. Sejauh ini, pelatih 57 tahun itu percaya pada pasangan bek tengah Gerard Pique dan Clement Lenglet, serta mengingat absennya Ronald Araujo, tak akan ada diskusi di area ini, kecuali jika ada cedera di menit-menit akhir menjelang laga.

Meski demikian, ada perselisihan di posisi sayap kanan. Masalah dalam permainan Sergi Roberto, terutama dalam perannya di lini pertahanan, bisa membuat Ronald Koeman berikan kesempatan bermain sebagai starter kepada Sergino Dest di laga ini.

Opsi untuk Mengganti Ansu Fati

Walau Ronald Koeman punya banyak pemain di lini ofensifnya, namun kehilangan Ansu Fati sangat sulit untuk digantikan, terutama dalam hal energi sang pemain dan dinamisnya di lapangan.

Kabar baiknya, Coutinho kemungkinan akan tersedia kembali, setelah absen selama beberapa waktu akibat cedera. Dalam skenario ini, pemain asal Belanda itu bisa memiliki opsi hingga empat pemain untuk gantikan Fati, yakni Coutinho, Pedri Gonzalez, Francisco Trincao dan pemain tambahan, Konrad de la Fuente.

Sementara itu Ousmane Dembele, yang secara bertahap berhasil memulihkan penampilannya ke level terbaik, kemungkinan akan tetap di sisi kanan, sedangkan Lionel Messi ditempatkan di posisi gelandang dan Antoine Griezmann bermain sebagai false nine. Berikutnya, Ronald Koeman harus putuskan apakah ia akan mainkan Coutinho dan Pedri di posisi sayap kiri.

AHABET
AHABET