Sepuluh Pencetak Assist Teratas di La Liga Selama Abad 21

Sepuluh Pencetak Assist Teratas di La Liga Selama Abad 21

Gilabola.com – Sepuluh pencetak assist teratas di La Liga selama abad ke-21, lima di antaranya masih aktif mengolah si kulit bundar di Spanyol saat ini.

Saat ini, ada lima pemain yang masih aktif di Spanyol yang berada di antara 10 penyedia assist teratas di La Liga selama abad ke-21. karena itulah, urutan ke-10 pemain teratas dalam kategori tersebut bisa berubah, karena para pemain ini membuat rekan-rekan satu tim mereka bisa mencetak lebih banyak gol. Sementara beberapa yang lain bisa membuat diri mereka sendiri masuk dalam daftar ini.

Misalnya, Karim Benzema. Saat ini, bintang Real Madrid tersebut tinggal selangkah lagi menyalip mantan rekan satu timnya di Los Blancos, Cristiano Ronaldo, dalam hal menjadi penyedia assist. Pasalnya, pemain asal Prancis itu kantongi 93 assist, sementara CR7 yang kini membela Juventus bukukan 95 assist.

Messi Tetap Teratas

Adapun pemimpin daftar ini, Lionel Messi, terpaut cukup jauh. Menurut Marca, dengan 180 assist, kapten Barcelona itu sudah berlari cukup jauh di depan mantan rekan satu timnya, yang kini berada di posisi runner-up dalam daftar itu, yakni Xavi Hernandez. Pelatih Al Sadd tersebut bukukan 126 assist sebelum ia meninggalkan Blaugrana.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Sepuluh pencetak assist itu kemudian diisi Cristiano Ronaldo melengkapi posisi ketiga dengan 95 assist, yang semuanya dibukukan di musim pertama saat dia datang ke Madrid pada 2009/10 hingga sebelum ia berangkat ke Juventus pada musim panas 2018.

Daftar itu kemudian diikuti Benzema dengan 93 assist, Andres Iniesta 87 assist – saat ia masih di Barcelona, Dani Alves dengan 83 assist yang dibukukannya di Sevilla dan Barca, KokeĀ  dengan 87 assist-nya untuk Atletico Madrid, serta Jesus NavasĀ  dengan 75 assist di Sevilla antara musim 2003/04 hingga 2012/13.

Sementara, Navas kemudian menambahkan sembilan assist lagi sejak ia bergabung kembali dengan Sevilla jelang musim 2017/18. Lalu, ada pula Marcelo dengan 65 assist di Real Madrid dan Guti yang kantongi 61 assist untuk Real Madrid.

Berpeluang Masuk 10 Pencetak Assist Teratas

Beberapa pemain yang bisa membuat diri mereka masuk daftar tersebut dalam waktu dekat adalah Ivan Rakitic dengan 58 assist untuk Sevilla dan Barcelona, Dani Parejo dengan 57 assist untuk Getafe dan Valencia, tapi tidak pernah mencetaknya saat masih di Real Madrid.

Sepuluh pecetak assist itu kemudian diikuti Pedro Leon dengan 57 assist untuk Eibar, Getafe, Madrid, Real Valladolid dan Levante, Joaquin Sanchez dengan 54 assist saat ia masih membela Real Betis, Valencia dan Malaga, serta Antoine Griezmann dengan 54 yang dibukukannya untuk Real Sociedad, Atletico Madrid dan Barcelona.