Spanyol Pecat Lopetegui, Real Madrid Untung Rp 32 Miliar

Real Madrid tak perlu bayar Rp32 miliar untuk tebus pelepasan kontrak Julen Lopetegui dengan RFEF.
Real Madrid tak perlu bayar Rp32 miliar untuk tebus pelepasan kontrak Julen Lopetegui dengan RFEF.

Berita Terbaru – Real Madrid meraup keuntungan sebesar 2 juta Euro atau setara Rp 32 miliar sebagai buntut dari keputusan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) yang memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih Timnas Spanyol.

Seperti diberitakan sebelumnya, RFEF memecat Lopetegui pada hari Kamis (13/6) atau hanya dua hari sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Keputusan mengejutkan itu diambil RFEF sebagai reaksi atas keputusan Lopetegui yang menandatangani kesepakatan dengan Real Madrid pada hari Selasa (12/6).

Sempat beredar kabar kalau Real Madrid harus membayar uang sebesar 2 juta Euro atau setara Rp 32 miliar kepada RFEF sebagai pengganti klausul pelepasan kontrak Lopetegui, setelah sang pelatih resmi membesut Los Blancos usai Piala Dunia.

Namun situasinya berubah setelah RFEF membuat keputusan memecat sang pelatih sebelum Piala Dunia. Dengan pemecatan itu maka RFEF kehilangan peluang untuk mendapatkan uang pengganti sebesar 2 juta Euro tadi.

Presiden RFEF, Luis Rubiales mengaku tidak takut rugi dengan keputusannya itu. Menurutnya, RFEF memiliki uang lebih banyak dari €2 juta.

Advertisement

“Kami telah melakukan kinerja luarbiasa dalam hal anggaran dan sponsor. Dengan demikian, RFEF akan memiliki lebih dari €20 juta euro,” jelas Rubiales.

“Ini situasi rumit, tetapi ada nilai-nilai yang harus kami utamakan. Dalam hal itu, kami bertindak dengan hati nurani dan tanggung jawab,” tambahnya.

Hanya beberapa jam setelah pemecatan Lopetegui kemarin, RFEF langsung mengangkat legenda Real Madrid Fernando Hierro sebagai pelatih baru Tim Matador selama Piala Dunia 2018.

Hierro selama ini menjabat sebagai direktur teknik di RFEF dan hanya punya pengalaman satu tahun sebagai pelatih di klub Oviedo.