Sudah Tiga Kali Bikin Real Madrid Kalah dari Barcelona, Wasit Ini Kembali Bertugas Malam Ini

Real Madrid tampaknya harus lebih berhati-hati dalam El Clasico kali ini. Pasalnya, wasit yang pernah mengawal mereka saat tiga kali kalah dari Barcelona akan bertugas lagi di Camp Nou, Minggu (24/10) malam ini.

Gilabola.com – Wasit tersebut, José María Sánchez Martínez, akan mengawal laga El Clasico ke lima dalam karirnya malam ini.

Di empat pertandingan serupa sebelumnya, Barcelona berhasil memenangkan tiga laga El Clasico di antaranya, sementara Madrid hanya satu kali menang di bawah kawalan Martinez.

Satu-satunya kemenangan Real Madrid dalam laga El Clasico yang dijaga Martinez terjadi di ajang Piala Super pada tahun 2017. Ketiga itu, Los Blancos menang 2-0.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Namun, laga-laga El Clasico berikutnya yang dipandu Martinez, Barca berhasil menang 0-3 di matchday ke-17 musim 2017/18, lalu Blaugrana menang lagi dengan skor fantastis, 5-1, di pekan ke-10 musim 2018/19 – dan di laga inilah Julen Lopetegui kehilangan pekerjaannya, lalu Barca menang lagi 0-3 di semi-final Copa del Rey musim 2018/19.

Namun wasit yang lahir di Lorca, Murcia, ini terpilih sebagai wasit terbaik Spanyol pada musim 2019/20 itu juga sempat mengawal El Clasico musim lalu, tapi bertugas sebagai wasit VAR.

Dia bertanggung jawab memperingatkan pengadil lapangan, Martínez Munuera, mengenai genggaman tangan Clement Lenglet pada Sergio Ramos di dalam kotak penalti, yang telah membuat bek Real Madrid itu gagal menyelesaikan bola di udara, dan harusnya menguntungkan El Real.

Sanchez Martinez diketahui memiliki karakter yang kuat di lapangan. Hal ini bahkan pernah diungkapkannya pada tahun 2020. “Saya bekerja sebagai wasit berdasarkan pada tiga pilar yang saya anggap memiliki nilai penting, yakni konsistensi, ketegasan dan keberanian. Saya ingin punya kontrol yang kuat dalam pertandingan,” tandas Martinez, seperti dilansir AS.

Martinez juga menjadi salah satu wasit yang cukup boros kartu, bahkan rata-rata mengeluarkan kartu cukup banyak per pertandingannya, dan ia tak akan menjadi teman bagi pemain yang doyan protes, termasuk mereka yang protes dari bangku cadangan.

Dalam wawancara yang sama, dia juga menegaskan kembali bahwa di dunia perwasitan keputusan dibuat oleh para pengadil yang terlibat di lapangan. “Jangan lupakan satu hal, arbitrase tetap ada di lapangan, VAR hanyalah pendukung. Ada wasit di lapangan, dia-lah yang memutuskan segalanya,” tegas wasit Barcelona vs Real Madrid malam nanti yang jebolan fakultas ekonomi dan sehari-hari bekerja sebagai pegawai bank ini.

Ya, Sanchez Martinez memang salah satu dari lima wasit papan atas yang tak mempan dikoreksi VAR saat ia bertugas di lapangan.

Selama ini, Sánchez Martínez dikenal cukup menguntungkan bagi Barcelona, di mana tim Catalan itu sudah meraih 19 kemenangan, dua kali imbang dan tiga kekalahan dalam laga-laga yang dikawal Martinez. Sedangkan untuk Real Madrid, tim ibukota itu tercatat meraih 13 kemenangan, lima imbang dan lima kali kalah dalam laga-laga yang dikawal Martinez.

Dalam laga malam nanti, di ruang kontrol VAR ada Gonzalez Gonzalez. Wasit spesialis VAR ini menjadi bagian dari salah satu korps elit yang dibentuk Velasco Carballo untuk musim ini.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO