Thierry Henry Didukung Jadi Pelatih Barcelona Gantikan Valverde

Gilabola.com – Thierry Henry – pelatih pecatan AS Monaco yang kini berlabuh di Montreal Impact, masuk bursa pelatih baru Barcelona yang akan gantikan Ernesto Valverde.

Nama Henry muncul dalam hasil survei yang dilakukan Mundo Deportivo, yang menunjukkan bahwa 80 persen suporter Barca menginginkan Valverde saat ini dipecat dan digantikan Henry yang pernah menjadi bintang Camp Nou pada 2007 – 2010 lalu.

Valverde sejauh ini berhasil kantongi dua gelar liga, bahkan kemungkinan menjadi satu lagi manajer Barca setelah Pep Guardiola yang berhasil dapatkan treble gelar domestik. Hal itu barangkali tak cukup bagi Henry untuk bisa merebut posisi Valverde di Camp Nou setelah akhir musim.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Setelah media itu menerbitkan survei terkait adanya 80 persen fans Barca yang menginginkan Valverde diganti – apalagi dengan adanya klausul dalam kontraknya yang memungkinkan klub atau manajer untuk sudahi kerja sama mereka di akhir musim 2019/20, menimbulkan banyak spekulasi bahwa musim ini bisa menjadi musim terakhir El Txingurri di Camp Nou.

Satu hal yang menenangkan, dewan pengurus Blaugrana secara konsisten teru mendukung Valverde. Tapi, kegagalannya di semi-final Liga Champions dalam dua tahun masa tugasnya dan bayang-bayang keruntuhan yang selalu ada di Roma pada musim 2017/18 telah menimbulkan kekhawatiran bahwa mantan pelatih Athletic Bilbao itu telah mendekati akhir masa jabatannya di klub Catalan tersebut.

Lalu, harian Catalan Sport memberitakan bahwa pencarian awal untuk pengganti Valverde saat ini telah mulai dilakukan Barca, hingga muncullah nama Thierry Henry, yang saat ini masih mengasuh klub MLS, Montreal Impact.

Mantan striker Barca itu cukup dipuji di Camp Nou, dan merupakan teman dekat direktur olahraga Éric Abidal dan beberapa anggota skuad saat ini. Beberapa pemain Barcelona juga pernah merasakan merumput bersama Henry selama ia berkarir di klub itu.

Namun, Henry punya catatan buruk dalam tugas pertamanya sebagai manajer di Monaco. Mantan penyerang Stade Louis II itu hanya bertugas dalam 20 pertandingan, bahkan hanya berhasil raih empat kemenangan dalam ke-20 laga tersebut. Hingga akhirnya, ia dipecat pada Januari 2019 saat tim tersebut bertengger di peringkat ke-19 klasemen sementara Ligue 1.

Satu hal, hasil survei ini belum tentu membuat nasib Valverde runyam di akhir musim ini. Ia masih punya kontrak yang baru akan berakhir pada musim panas 2021, dan opsi perpanjangan tetap ada di atas meja. Walau, menurut AS, hal itu akan tergantung pada apa yang bisa dia lakukan di Liga Champions musim ini.

Namun, dengan Real Madrid yang ada di posisi teratas klasemen sementara di LaLiga juga, Valverde pastinya akan terus hadapi ujian berat di Camp Nou selama enam bulan ke depan. Tentunya, rentang waktu tersebut cukup bagi Thierry Henry untuk terus mengukur peluang dan kemampuannya untuk bisa mengasuh Barcelona.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO