Tim Debutan Rebut Puncak Klasemen Liga Spanyol

Gara-gara El Casico ditunda, tim debutan Liga Spanyol meraja. Itulah yang terjadi akhir pekan ini di puncak klasemen La Liga. Siapa sih?

Seharusnya salah satu dari Barcelona atau Real Madrid mengisi puncak klasemen Liga Spanyol pada akhir pekan ini dengan mereka berpotensi mengoleksi 22 dan 21 poin masing-masing, jika menang. Tapi karena El Clasico leg pertama musim ini itu sudah ditunda ke 18 Desember, jadilah Granada CF, sebuah tim debutan Liga Spanyol musim ini menguasai puncak klasemen.

Granada adalah tim debutan di divisi teratas Liga Spanyol setelah dua musim bermukim di Segunda Division. Klub asal daerah otonomi khusus di Andalusia itu Minggu (27/10) malam menang 1-0 atas Real Betis. Cuma satu gol sih, tapi itu sudah cukup bagi tim berjuluk Nazaríes itu untuk menempati posisi teratas klasemen Liga Spanyol dengan perolehan poin 20.

Advertisement
K9Win
K9Win

Sebelum pertandingan dimulai Minggu malam, Granada berada di urutan keenam di klasemen, di bawah Real Madrid. Kini dengan perolehan tiga poin penting ini mereka melewati semua tim raksasa itu dan berada di urutan pertama dengan 20 poin. Urutan pada puncak klasemen Liga Spanyol itu adalah sebagai berikut:

  • Granada 10 game, 20 poin
  • Barcelona 9 game, 19 poin
  • Real Sociedad 10 game, 19 poin
  • Atletico Madrid 10 game, 19 poin
  • Real Madrid 9 game, 18 poin
  • Villarreal 10 game, 17 poin

Ini tentu merupakan prestasi luar biasa bagi tim asal wilayah Andalusia di bagian selatan Spanyol itu meski semua orang tahu ranking pada akhir musim adalah yang paling penting. Tapi bagi sebuah tim debutan memuncaki klasemen Liga Spanyol saat pertandingan baru berjalan 10 game adalah sesuatu yang sangat menggembirakan bagi Granada.

Granada tampil memikat sejak ditangani pelatih asal Spanyol, Diego Martinez Penas. Mereka dikenal memiliki lini belakang yang rapat. Terlihat antara lain dari jumlah kebobolan gol yang hanya 10 setelah pekan ke-10 La Liga ini, termasuk salah satu yang terbaik di klasemen La Liga. Jika empat gol kebobolan lawan Los Blancos dikeluarkan maka jumlah gol kemasukan Granada hanya enam, hanya sedikit lebih buruk dari Atletico Madrid musim ini (5).