Victor Valdes Kembali ke Barcelona

Victor Valdes Kembali ke Barcelona

Gilabola.com – Victor Valdes – kiper legendaris Barcelona, akan kembali ke Camp Nou musim panas ini dan mengasuh tim Juvenil A – tim U-19 Blaugrana.

Kembalinya Valdes ke Camp Nou tinggal menunggu pembicaraan antara mantan pemain Timnas Spanyol berusia 37 tahun itu dengan presiden Josep Maria Bartomeu. Pimpinan klub itu sendiri telah ungkapkan negosiasi tersebut di sela-sela acara perkenalan Frenkie De Jong.

Valdes pernah tercatat sebagai kiper andalan tim utama Barcelona dari tahun 2002 hingga 2014. Lalu, dia tinggalkan Spanyol dan mendarat di Manchester United, Standard Liege serta Middlesborough – klub terakhir di mana akhirnya Valdes mundur sebagai pemain profesional.

Musim lalu, dia bertanggung jawab di Juvenil del Moratalaz. Kini, Victor Valdes akan mengambil alih posisi Denis Silva di Juvenil-A.

Semula Dikabarkan akan Tangani La Masia

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Selama karirnya, Valdes tercatat pernah tampil dalam 530 pertandingan untuk Barcelona, di mana ia memenangkan 21 gelar juara, termasuk enam trofi La Liga dan tiga gelar juara Liga Champions Leagues – pada tahun 2006, 2009 dan 2011. Bersama Timnas Spanyol, dia memenangkan gelar juara di Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Kabar akan kembalinya Valdes ke Blaugrana sudah mengemuka sejak awal bulan ini. Saat itu diungkapkan, Barcelona ingin datangkan lagi Valdes untuk tangani para pemain di akademi La Masia.

Menurut laporan Sport, kemungkinan itu bahkan sudah diindikasikan sejak akhir bulan lalu. Sampai akhirnya, Bartomeu membenarkan kabar tersebut dan akui Barca ingin datangkan kembali mantan kiper andalannya tersebut.

Sudah Kumpulkan Lencana Pelatih

Victor Valdes sendiri sekarang sudah memiliki semua lencana kepelatihan yang dibutuhkan seorang pelatih profesional. Valdes yang telah berusia 37 tahun itu menyelesaikan semua pendidikannya bersama-sama Xavi Hernandez di Las Rozas baru-baru ini.

Restrukturisasi itu dilakukan Barca setelah pengunduran diri wakil presiden Jordi Mestre. Setelah diberitakan akan dilibatkan melatih La Masia, kini Bartomeu ungkapkan bahwa Valdes akan mengasuh tim Juvenil-A, yakni skuad U-19 di Camp Nou.

Tapi, terbuka pula peluang bagi Valdes untuk ikut meningkatkan La Masia, atau bahkan bekerja dalam tugas yang berkaitan dengan tim utama. Semua pekerjaan itu nantinya tersedia untuk dilakukan salah satu kiper terbaik Barcelona tersebut.

Valdes meninggalkan klub pada tahun 2015 dan setelah empat tahun kemudian, ia tampaknya siap untuk kembali.