Xavi Hernandez Akan Ikuti Jejak Guardiola di Barcelona

Gila Bola – Calon Presiden Barcelona, Toni Freixa menyatakan Xavi Hernandez akan memulai kepelatihannya lebih dulu dari tim B sama seperti Pep Guardiola.

Seperti yang diketahui, Pep Guardiola sebelum menangani tim utama raksasa Liga Spanyol lebih dulu melatih Barcelona B selama semusim dari 2007 sampai 2008. Dan menariknya, ia mampu memberikan 28 kemenangan, sembilan hasil imbang dan hanya menelan lima kekalahan dalam 42 pertandingan.

Alhasil, Pep Guardiola pada 1 Juli 2008 langsung ditunjuk sebagai pelatih senior klub asal Catalan. Bahkan saat itu, ia juga menangani Xavi Hernandez dan keduanya pun menghasilkan sejumlah trofi bergengsi mulai dari La Liga hingga Liga Champions.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Kini, kedua jebolan akademi Barcelona tersebut sudah menjadi pelatih yang sukses di timnya masing-masing di mana memenangkan trofi liga domestik. Xavi yang berhasil bersama Al Sadd pun dilirik sebagai pelatih dari calon presiden Barca.

Namun, Toni Freixa menegaskan andai ia terpilih nantinya akan memperkerjakan Xavi Hernandez sama seperti Pep Guardiola dari tim B lebih dulu. Dengan demikian, posisi Ronaldo Koeman berpeluang besar masih aman untuk melatih tim senior raksasa Liga Spanyol.

Berbicara kepada awak media, Toni Freixa mengatakan Pep Guardiola memulai karier kepelatihannya bersama tim B Barcelona. Setelah itu, ia brilian ketika menangani tim utama.

Oleh sebab itu, Toni Freixa memastikan jika dirinya nanti terpilih menjadi presiden Barcelona akan memanggil Xavi Hernandez dan memintanya lebih dulu menangani Barca B.

Sekedar informasi, pelatih yang kini menangani Al Sadd sudah berhasil mempersembahkan empat trofi domestik bersama klub asal Qatar tersebut. Terakhir ia mampu memenangkan gelar Qatari Stars Cup musim 2019/2020.

Selain nama Xavi Hernandez, pelatih Arsenal yakni Mikel Arteta dikabarkan juga berpeluang melatih Barcelona dan merupakan pilihan pesaing dari Toni Freixa.