Xavi Menangi Laga Perdananya Sebagai Pelatih Anyar Barcelona

Hanya sebuah kemenangan tipis 1-0 atas rival sekota Espanyol, tapi tetap saja sangat berharga karena menjadi penanda laga perdana Xavi Hernandez sebagai pelatih anyar Barcelona pada Minggu dinihari (21/11).

Xavi menandai babak baru hidupnya sebagai manajer Barca dengan kemenangan usai anak buahnya dengan susah payah menaklukkan Espanyol dengan skor tipis 1-0 berkat gol tendangan penalti Memphis Depay pada awal babak kedua.

Itu bukan hasil yang menyenangkan tapi mencukupi untuk laga perdana mantan legenda klub yang kembali ke Camp Nou untuk memulai tahap baru hidupnya sebagai manajer tim.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Xavi datang pada momen yang buruk ketika kepercayaan diri para pemain Blaugrana runtuh akibat performa buruk di awal musim, formasi dan taktik permainan kacau balau dirusak oleh Ronald Koeman, dan semua hal itu diperparah dengan kondisi keuangan klub yang dilanda utang luar biasa besar. Belum lagi ditambah dengan berita buruk terkini menyangkut kondisi jantung Sergio Aguero yang memaksa pemain Argentina itu untuk mengakhiri karir sepak bolanya.

Pertandingan Derbi Barceloni di Camp Nou ini berlangsung dengan kondisi berbeda antara babak pertama dan kedua. Sepanjang 45 menit pertama tuan rumah sangat dominan, menguasai bola sampai 70 persen, melepaskan 11 kali percobaan gol dan empat tembakan on target, tapi nihil gol. Meski begitu setidaknya anak-anak Xavi mampu memaksa tim tamu mencatatkan nihil tembakan tepat sasaran.

Gol penalti oleh Memphis baru terjadi awal babak kedua dan setelah itu Espanyol mencari gol penyama kedudukan yang menyebabkan skuad asuhan Vicente Moreno mencatatkan tujuh percobaan gol dan dua serangan tepat sasaran. Tapi tidak ada gol.

Pada menit 82 Raul de Tomas melepaskan sebuah tendangan bebas dari jarak 25 meter yang mendebarkan para pemain Barca setelah menghantam tiang kiri gawang Marc-Andre ter Stegen. Selang empat menit kemudian pencetak gol terbanyak Espanyol berusia 27 tahun itu kembali melepaskan serangan dalam bentuk sundulan yang menghantam tiang kiri gawang sekali lagi.

Dengan hasil ini maka Barca naik cukup jauh dari posisi sembilan ke ranking enam dengan koleksi 20 poin, di atas Rayo Vallecano, Athletic Bilbao dan Osasuna, namun masih kalah posisi dan poin dari Real Betis pada urutan lima klasemen sementara Liga Spanyol.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO