Video BBC Ini Buat Pemerintah Ghana Bubarkan Asosiasi Sepakbolanya

Berita Bola – Asosiasi Sepak Bola Ghana (GFA) dihentikan untuk sementara waktu oleh pemerintah negara itu karena terlibat tindak pidana korupsi dan suap.

Presiden Ghana Nana Akufo-Addo memutuskan untuk menghentikan segala aktivitas lembaga sepak bola tertinggi di negaranya itu pada hari Kamis, (07/06) waktu setempat kemarin.

Pasalnya muncul bukti rekaman dokumentasi yang menunjukkan adanya penipuan dan korupsi pada lembaga yang dipimpin oleh Kwesi Nyantakyi.

Pada film dokumenter BBC berjudul ‘Ketika Ketamakan dan Korupsi Menjadi Kebiasaan’, Nyantakyi terlihat menerima uang dari reporter yang menyamar sebagai pebisnis asal negara Arab.

“Pemerintah kaget dan berang dengan isi film dokumenter yang baru saja disiarkan, yang memperlihatkan investigasi kepada administrasi lembaga sepak bola oleh jurnalis Anasa Aremeyaw, berjudul ‘Ketika Ketamakan dan Korupsi Menjadi Kebiasaan’,” bunyi pernyataan resmi pemerintah Ghana yang ditandatangani oleh menteri penerangan Mustapha Amid.

“Film dokumenter itu menunjukkan ketidakmampuan secara menyeluruh dari Asosiasi Sepak Bola Ghana [GFA], dengan menyebarnya penipuan, korupsi dan suap. Dengan maksud menghentikan penyebaran lebih dalam kepada GFA, pemerintah memutuskan sebagai berikut:”

“Semua tindakan dari semua anggota GFA, bersama dengan Direktur Jenderal Sementara dari Otoritas Olahraga Nasional yang saat ini dihentikan tugasnya, Robert Sarfo Mensah, seperti yang ditunjukkan dalam dokumenter tersebut terlibat dalam aksi berpotensi kriminal, harus berhadapan dengan pihak kepolisian untuk dilakukan investigasi lanjutan dan tindakan yang sepantasnya.”

“Kepolisian harus mengambil semua tindakan semestinya untuk memastikan bahwa isi dari dokumenter itu diinvestigasi secara menyeluruh.”

“Dengan menyebarnya sikap anggota top GFA, NSA, komisioner pertandingan, administrator sepak bola dan wasit yang terlibat, pemerintah memutuskan untuk membubarkan GFA.”

“Oleh karenanya dalam waktu dekat pemerintah akan mengumumkan tindakan sementara untuk mengatur aktivitas sepak bola di dalam negeri, sampai badan baru dibentuk.”

“Pemerintah akan mengkomunikasikan hal keputusan-keputusan ini dengan Konfederasi Sepak Bola Afrika dan FIFA, dan duduk bersama dengan mereka untuk membentuk masa depan bagi sepak bola Ghana.”

Simak Video BBC terkait korupsi di sepakbola Ghana berikut ini