Daftar 8 Pemain yang Mengabdi Untuk Liverpool dan Barcelona

Philippe Coutinho jadi pemain kedelapan yang (pernah) memperkuat Liverpool dan Barcelona dalam karirnya.
Philippe Coutinho jadi pemain kedelapan yang (pernah) memperkuat Liverpool dan Barcelona dalam karirnya.

Kepindahan ke Barcelona Philippe Coutinho yang telah lama ditunggu akan membuatnya menjadi pemain ke-8 yang pernah bermain untuk Barcelona dan Liverpool.

Inilah daftar tujuh pesepakbola lainnya yang pernah memperkuat kedua klub raksasa Eropa ini.

7. Mauricio Pellegrino

Bos Southampton saat ini menjadi pemain Argentina pertama yang pernah bermain untuk The Reds saat ia bergabung di tengah musim 2004/05 dan kemudian bermain 13 kali untuk Liverpool sebelum pensiun di Alaves.

Sang bek tengah sebelumnya telah menghabiskan satu musim di Camp Nou, saat Barcelona meminjamnya dari klub masa kecil, Velez Sarsfield, pada tahun 1998, yang kemudian mendorong kepindahannya ke Valencia.

6. Boudewijn Zenden

Boudewijn Zenden memiliki karir yang cukup bagus. Setelah membuktikan dirinya di PSV Eindhoven, pemain serbaguna asal Belanda itu direkrut oleh Barcelona di bawah kepemimpinan Louis van Gaal, menghabiskan tiga musim di ibukota Catalan.

Dari situlah ia pindah ke Premier League, meneruskan karirnya di Chelsea, Middlesbrough dan Sunderland, serta dua tahun di Anfield, di mana ia mengoleksi piala Community Shield dan UEFA Super Cup.

5. Jari Litmanen

Pemain sepak bola asal Finlandia ini benar-benar pindah langsung dari Barcelona ke Liverpool pada Januari 2001 dengan status bebas transfer, setelah Rivaldo merebut tempat dan nomor jersey sang playmaker di Camp Nou.

BACA:  Ousmane Dembele Bikin Pelatih Barcelona Makin Frustrasi

Di Liverpool, karir Litmanen terganggu oleh cedera dan gagal menciptakan perfoma ciamik bentuk yang dia tunjukkan pada Ajax selama tahun 1990an, di mana dia memenangkan lima gelar liga dan Liga Champions pada tahun 1995.

4. Pepe Reina

Pepe Reina pernah bermain untuk Blaugrana selama dua musim setelah tahun 2000, sebelum bergabung dengan Villarreal.

Liverpool membeli kiper asal Spanyol tersebut pada bulan Juli 2005 dan selama delapan musim berikutnya di Meryseide, Reina berhasil menjadikan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di Eropa. Pemenang Piala Dunia itu kini masih tampil impresif di usia 35 tahun bersama Napoli.

3. Luis Garcia

Momen paling berkesan Luis Garcia dalam seragam Liverpool terjadi di semifinal Liga Champions 2005 di kandang Chelsea, di mana dia mencetak gol kontroversial.

Gelandang asal Spanyol itu mengikuti jejak Jari Litmanen dengan pindah langsung dari Barcelona ke The Reds. Garcia menghabiskan satu musim di tim utama Barca, meninggalkan raksasa Catalan pada musim panas 2004 untuk bergabung dengan The Reds.

BACA:  Prediksi Barcelona vs Tottenham Hotspur, Sejarah Memihak Blaugrana

2. Javier Mascherano

Setelah mengejutkan dunia sepakbola dengan menandatangani kontrak dengan West Ham United, gelandang Argentina Javi Mascherano dengan cepat diboyong oleh Liverpool di pertengahan musim 2006/07.

Dia selanjutnya menghabiskan tiga musim penuh dengan The Reds, muncul sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia, sebelum Barcelona membayar 387 miliar rupiah kepada The Reds untuk membawa gelandang bertahan itu ke Nou Camp, di mana dia terus tampil apik.

1. Luis Suarez

Salah satu striker paling mematikan yang pernah ada Premier League, Luis Suarez hampir membawa gelar Liga Inggris pertama ke Anfield, namun akhirnya catatan golnya tidak cukup untuk memastikan gelar bagi Liverpool.

Striker Uruguay itu mencetak 82 gol dalam 133 penampilan untuk The Reds selama tiga setengah tahun, sebelum menghasilkan statistik yang lebih produktif lagi untuk Barca, yang menjadikannya salah satu pemain termahal di dunia dengan harga hampir 1,18 triliun rupiah.