Hasil Liga 1 – Persik Kediri vs PSM Makassar Sempat Ditangguhkan, Skor Akhir 1-1

Gila Bola – Hasil Persik Kediri vs PSM Makassar di pekan ke-23 Liga 1 Indonesia musim 2023/24 yang  berlangsung di Stadion Brawijaya, Senin (18/12) sore, ditutup dengan skor akhir 1-1.

Laga seru di Kediri sore ini terpaksa harus berakhir dengan hasil imbang 1-1, setelah sempat ditangguhkan karena masalah insiden bola yang melewati garis gawang yang tak terlihat oleh wasit.

Wasit terlalu tertele-tele dalam mensahkan gol tersebut, meskipun dari tayangan televisi yang disiarkan berkali-kali tampak jelas bahwa tandukan Yuran Fernandes telah melewati garis gawang Persik Kediri.

Setelah laga berjalan imbang 0-0 hingga menit-menit akhir, Yuran berhasil memanfaatkan umpan silang tepat di depan gawang Dikri Yusron dan menyundul bola masuk ke gawang Persik di menit 86. Dikri memang langsung bereaksi, tetapi tampak jelas bahwa bola sudah sempat masuk ke gawang tuan rumah dan wasit juga sudah mensahkan gol tersebut.

Namun,  dua menit kemudian, gol tersebut dipertanyakan dan wasit terpaksa menghentikan laga untuk ‘mendiskusikannya’ di belakang layar. Laga akhirnya ditunda hingga waktu yang belum ditentukan, meskipun di papan skor PSM masih dinyatakan unggul 1-0.

Setelah penantian selama lebih dari 30 menit, laga dilanjutkan dan sebuah gol telat dari Jeam Kelly Sroyer di masa injury time memupuskan keunggulan tim tamu, skor imbang 1-1.

Persik Kediri Mendominasi Sejak Kickoff

Kedua tim berusaha saling menekan sejak kickoff, tapi tuan rumah Persik Kediri berhasil menebar ancaman lebih dulu. Tuan rumah berusaha menekan tamu mereka – yang juga jawara Liga 1 musim lalu.

PSM bahkan kesulitan keluar dari tekanan yang dilakukan Persik hingga 10 menit pertama, meskipun tak ada peluang berbahaya yang berhasil dilontarkan Renan da Silva dan kawan-kawan.

PSM berusaha menggeliat lima menit kemudian. Lewat aksi tendangan jarak jauhnya, Victor Mansaray mencoba mengancam gawang Dikri Yusron, sayang tembakannya masih melebar.

Hanya sesaat kemudian, Persik kembali mengambil alih kendali pertandingan, tetapi mereka tetap kesulitan hadapi rapatnya pertahanan tim Juku Eja, hingga tetap kesulitan menciptakan peluang.

Yakob Sayuri dan Kenzo Nambu Nyaris Bawa PSM Makassar Unggul

PSM Makassar kembali mendapat peluang gol lewat aksi Yakob Sayuri tepat di menit ke-30, tapi upaya ini tetap gagal karena masih melebar dari gawang Persik.

Begitu juga saat tembakan on target pertama coba dilakukan PSM di menit ke-37 lewat posisi set piece. Namun, upaya yang dilakukan Kenzo Nambu berhasil diamankan Dikri Yuron.

Persik Kediri Tancap Gas di Awal Babak Kedua, PSM Ikut Menekan

Di babak kedua, tepatnya di menit ke-55, Renan da Silva punya peluang emas yang harusnya bisa membawa Persik memimpin. Sayangnya tendangan first time-nya hanya melambung di atas mistar gawang PSM.

Lima menit kemudian kemelut terjadi di depan gawang PSM yang dijaga Reza Arya, beruntung bola berhasil dihalau.

Ahmad Agung lakukan penyelamatan gemilang di menit ke-74, sebagai orang terakhir yang berhasil menyelamatkan gawang Persik dari gempuran Ricky Pratama, saat Dikri Yusron tengah jatuh bangun berusaha menggagalkan upaya mencetak gol pemain PSM tersebut. Kedudukan kedua tim pun masih imbang 0-0.

Yuran Fernandes Cetak Gol untuk PSM, Tapi Laga Dihentikan

PSM harusnya bisa memimpin di menit ke-82 saat PSM mendapat peluang tendangan bebas yang coba dieksekusi Ricky Pratama, sayang tembakannya masih melebar, sedikit saja!

Jual-beli serangan terjadi di menit-menit akhir. Akhirnya, PSM pun berhasil memecah kebuntuan di menit-menit akhir setelah Yuran berhasil menyundul bola masih ke gawang tuan rumah di menit 86. GOL!

Namun, wasit terpaksa harus menghentikan laga ini di menit ke-88 untuk mendiskusikan gol yang baru saja dibukukan Yuran, meskipun dari tayangan ulang televisi terlihat jelas bahwa bola telah melewati garis gawang.

Laga Dilanjutkan dan Berakhir Imbang 1-1

Setelah menunggu lebih dari 30 menit, akhirnya pertandingan dilanjutkan. Sayangnya PSM Makassar gagal mempertahanan keunggulan mereka gara-gara gol telat Jeam Kelly Sroyer.

Gol Persik tercipta pada menit ke-90+3 lewat aksi Jeam Kelly Sroyer. Hasil imbang ini membuat Persik tertahan di posisi keenam klasemen Liga 1 dengan total raihan 34 poin.

Sementara itu, PSM tetap berada di posisi ke-11dengan raihan 29 poin.

Susunan Pemain Persik Kediri vs PSM Makassar

  • Persik Kediri (4-3-3): Dikri Yusron; Simen Lyngbo, Ahmad Agung, Vava Mario Yagalo, Yusuf Meilana; Krisna Bayu Otto, Rohit Chand, Ze Valente; Muhammad Supriadi, Fabio Silva, Renan da Silva.
  • PSM Makassar (3-4-3): Reza Arya Pratama; Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Akbar Tanjung, Ze Paulo, Arfan, Yance Sayuri; Victor Mansaray, Adilson Silva, Kenzo Nambu.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!