Hasil Liga 1 – PSIS Semarang vs PSS Sleman, Diwarnai Chaos, Penalti Carlos Fortes Jadi Pembeda

Gilabola.com – Hasil PSIS Semarang vs PSS Sleman di laga pekan ke-21 Liga 1 Indonesia musim 2023/24 yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Minggu (3/12), berakhir dengan skor 1-0.

Carlos Fortes dan kawan-kawan tercatat belum pernah kalah di lima laga terakhir mereka, setelah kandaskan PSS Sleman sore ini.

Tampil menekan sejak awal pertandingan, mereka hadapi PSS Sleman yang juga tengah bangkit dan lanjutkan tren positif mereka setelah mereka juga tak terkalahkan di dua laga sebelumnya.

Jual-beli serangan antara para pemain kedua tim terjadi dan banyak peluang tercipta, tapi mereka juga harus hadapi lini pertahanan lawan yang sulit ditembus. Sampai akhirnya tuan rumah PSIS berhasil memecah kebuntuan di laga ini lewat eksekusi penalti Carlos Fortes di menit 45+4.

Itulah satu-satunya gol yang tercipta di laga ini. PSIS berhasil menang dan naik ke urutan tiga dengan mengoleksi poin 37 – delapan poin di belakang pemuncak klasemen. Sedangkan PSS tertahan di posisi ke-13 dengan koleksi poin 23.

Laga ini sendiri sempat diwarnai chaos karena adanya oknum suporter – yang diduga berasal dari suporter tim tamu, yang lakukan pelemparan ke area pertandingan. Laga sempat dihentikan sementara para pemain berhamburan keluar lapangan, hingga akhirnya diputuskan bahwa PSIS menjadi tim yang memenangkan laga ini.

PSIS Semarang dan PSS Sleman Tampil Menekan Sejak Kickoff

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak kickoff. Namun, meskipun sama-sama memiliki peluang mencetak gol, baik tuan rumah PSIS maupun tamu mereka, PSS Sleman, sama-sama kesulitan untuk mencetak gol.

Hingga laga memasuki menit ke-16, Carlos Fortes dan Vitinho masih kesulitan menjangkau bola karena ketatnya penjagaan pemain lawan. Fortes bahkan sama sekali belum menyentuh bola hingga menit tersebut.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Sesaat kemudian Taisei Marukawa berusaha membangun serangan, tapi upaya pemain asal Jepang itupun berhasil digagalkan pemain tamu.

Giliran Wahyu Prasetyo yang berusaha mengirim umpan jauh yang berusaha dimanfaatkan Fredyan Wahyu. Sayang upaya Fredyan kemudian berhasil digagalkan pemain lawan.

Para Pemain Kedua Tim Terus Saling Serang

Vizcarra harusnya bisa membawa PSS memimpin di menit 35. Sayang ia gagal menjangkau umpan jauh dari luar area penalti.

Kemelut terjadi di depan gawang PSS sesaat kemudian, sayangnya Fortes dan Diarra gagal memanfaatkan bola liar di depan gawang lawan.

Giliran Vitinho yang nyaris membawa tim tuan rumah memimpin, tapi setelah melewati hingga empat pemain PSS tendangan Vitinho di depan gawang lawan malah melenceng!

Wahyu Prasetyo juga memiliki peluang gol saat ia berusaha menyarangkan tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti. Sayang bola yang sudah mengarah ke gawang PSS membentur mistar gawang dan memantul keluar. GAGAL!

Thales Bikin PSIS Semarang Mendapat Hadiah PENALTI!

PSIS mendapat hadiah penalti di masa injury babak pertama setelah Thales lakukan pelanggaran di area terlarang, dengan menahan tubuh Fortes agar tak bisa menyundul bola.

Carlos Fortes yang menjadi eksekutor pun berhasil menyarangkan bola ke gawang Anthony Pinthus dengan dinginnya. GOL! PSIS memimpin 1-0 di menit 45+4.

Babak Kedua, PSIS dan PSS Kembali Tancap Gas

Di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-54, Wahyu Pras kembali mengancam gawang PSS lewat tendangannya. Sayang upaya ini gagal gandakan keunggulan PSIS karena berhasil dibendung Pinthus.

Fortes harusnya bisa membawa PSIS menggandakan koleksi golnya di menit ke-75. Di saat posisinya begitu terbuka dan tanpa pengawalan pemain lawan, Carlos Fortes begitu lemah saat ia menendang bola di sisi area penalti lawan. Bola pun berhasil diamankan Anthony Pinthus!

Giliran kerja sama Abduh Lestaluhu dan Hokky Caraka yang nyaris membawa PSS samakan kedudukan, namun upaya inipun gagal membuahkan hasil tim tamu.

Sesaat kemudian, Taisei Marukawa kembali mencoba membangun serangan ke area penalti PSS. Namun upaya Taisei ini juga gagal, karena bola tembakannya berhasil digagalkan Pinthus.

Laga Chaos, Dihentikan dan Diputuskan PSIS Sebagai Pemenang!

Namun mendekati akhir laga, tepatnya di menit 90+2, lapangan pertandingan tiba-tiba chaos. Para pemain yang berada di bench berhamburan ke tengah lapangan dan tampak petugas medis berlari ke tengah lapangan. Untuk sementara, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab memanasnya situasi di akhir laga ini.

Diduga kuat ada suporter PSS yang datang ke stadion, meskipun aturannya suporter tim tandang tak boleh hadir di stadion. Oknum suporter tersebut melempar beberapa benda ke area pertandingan dan laga terpaksa dihentikan sementara.

Susunan Pemain PSIS Semarang vs PSS Sleman

  • PSIS Semarang (4-4-2): Adi Satryo; Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Lucao, Giovanni Numberi; Paulo Gali, Alfeandra Dewangga, Boubacary Diarra, Vitinho; Carlos Fortes, Taisei Marukawa.
  • PSS Sleman (4-4-2): Anthony Pinthus; Bayu Setiawan, Thales, Nur Diansyah, Abduh Lestaluhu; Esteban Vizcarra, Wahyudi Hamisi, Jihad Ayoub, Elvis Kamsabo; Hokky Caraka, Jonathan Bustos.