Hasil Madura United vs PSM Makassar di Liga 1: Brace Wiljan Pluim Antarkan Juku Eja Juara dan Akhiri Puasa Gelar 23 Tahun!

Gila Bola – Hasil Madura United vs PSM Makassar di pekan ke-32 Liga 1 2022/23.  Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan dimenangkan oleh Juku Eja.

Meski bermain di laga tandang, Juku Eja tampil sangat baik. Hasilnya, mampu cetak dua gol. Hasil Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 babak pertama ditutup 2-0 untuk keunggulan tim tamu.

Babak kedua, ada dua gol yang tercipta dari kedua tim. Hasil Madura United vs PSM Makassar ditutup 1-3 untuk kemenangan Wiljan Pluim dan kolega. Dengan kemenangan ini, PSM jadi juara Liga 1 2022/23.

PSM Makassar juara setelah 12 laga beruntun tak menelan kekalahan. Juku Eja juara setelah melakoni 32 laga dan mengemas 72 poin. Rinciannya, menang 21 laga, imbang 9, dan kalah 2.

Wiljan Pluim Cetak Brace!

Menit awal, PSM membangun serangan ke Madura United. Kelengahan Alekvan Djin di lini pertahanan menutup pergerakan Yance Sayuri berhasil dimanfaatkan dengan kirimkan umpan ke Wiljan Pluim dan gol! Skor 0-1 di menit ke-5. Selang beberapa menit, PSM dapat sepak pojok. Bola yang diarahkan oleh Yance Sayuri disambut dengan sundulan Wiljan Pluim dan gol! 0-2 di menit ke-10.

Madura United yang tertinggal merespons. Hugo Gomes lepaskan sepakan dan berhasil ditepis oleh Reza Arya. Kemudian giliran sundulan dari Beto dan masih bisa di save oleh Reza Arya! Selanjutnya, percobaan dari Lulinha melakukan tendangan jarak jauh dan masih bisa diamankan kiper PSM.

Jelang turun minum, penguasaan bola dipegang oleh Laskar Sape Kerrab 77 banding 23 persen tapi belum bisa bikin gol. Hasil Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 babak pertama keunggulan 0-2 untuk klub sepak bola asal Makassar.

PSM Makassar Juara Liga 1

Pada awal babak kedua, PSM Makassar cetak gol indah lewat Kenzo Nambu menit ke-48. Pemain asal Jepang chip bola dari jarak jauh! Madura United yang tertinggal berikan respons. Umpan Lulinha berhasil disambar dengan sundulan Hugo Gomes dan gol!. Skor 1-3 di menit ke-51.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Menit ke-63, Madura United dapat dua peluang emas! Satu dari sundulan Cleberson membentur tiang, sementara bola rebound Kwabena Appiah kena mistar gawang PSM Makassar.

Jelang akhir pertandingan, tak ada gol lagi yang tercipta. Hasil Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 ditutup 1-3 untuk kemenangan tim besutan Bernardo Tavares.

Data dan Fakta 

Kemenangan yang diraih atas Madura United membuat PSM Makassar dinobatkan sebagai juara Liga 1 2022/23. Juku Eja butuh 23 tahun untuk memenangkan gelar ini. Terakhir, mereka juara di musim 1999/2000. Setelah sebelumnya lima kali sebagai runner-up, yang mana empat di antaranya di era Liga Indonesia.

Bernardo Tavares pelatih yang baru didatangkan pada April 2022 dan tahun pertamanya berhasil persembahkan gelar Liga 1 untuk PSM sekaligus akhiri puasa gelar. Menariknya, pelatih sepak bola asal Portugal berani memainkan pemain muda di setiap laga musim 2022/23. Diantaranya Ramadhan Sananta, Dzaky Asraf,Ananda Raehan hingga Victor Dethan.

Juku Eja juara Liga tak lepas berkat apiknya penampilan Yance dan Yakob Sayuri. Musim ini, PSM percayakan kiper berusia 22 tahun dan Reza Arya Pratama tak tergantikan sejak awal musim.

Wiljan Pluim adalah salah satu pemain asing terlama di PSM Makassar. Ia datang pada 2016 dan pesepak bola asal Belanda berusia 34 tahun sudah menangkan gelar Piala Indonesia pada musim 2018/2019. Kini ia berikan gelar Liga 1 dan membuatnya layak dinobatkan sebagai legenda.

Susunan Pemain Madura United vs PSM: 

Madura United: rendy Oscario, Alekvan Dijn, Hasyim Kipuw, Cleberson, Novan Setyo Sasongko, Lee Yu Jun, Zulfiandi, Hugo Gomes, Estaban Vizcarra, Beto Goncalves, Lulinha.

PSM: Reza Arya Pratama, Safrydin Tahar, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa, Yakob Sayuri, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Ananda Raehan, Yance Sayuri, Everton Nascimento, Wiljan Pluim.