Melatih Arema FC, Widodo C Putro Ngebut Benahi Psikologis Pemain di 10 Laga Tersisa

Gila Bola – Pelatih baru Arema FC, Widodo C Putro, fokus benahi tim barunya – termasuk psikologis para pemain, saat kompetisi Liga 1 Indonesia hanya menyisakan 10 pertandingan lagi.

Tentunya, bisa kita bayangkan, Widodo harus bekerja keras dan terus fokus benahi kelemahan timnya agar selamat dari jurang degradasi. Waktu yang tersedia untuk pelatih 53 tahun itu tunjukkan kerja kerasnya pun tak banyak.

Saat ini, tim Singo Edan berada di zona merah, tepatnya di urutan ke-16 papan klasemen Liga 1 – dan terpaut lima poin di bawah tim yang berada di zona aman. Tentunya, mereka harus bekerja ekstra keras untuk keluar dari posisi tersebut.

Sementara di dua laga terakhir mereka, Arema FC alami kekalahan beruntun, yakni kalah dari Barito Putera dan PSIS Semarang, hingga mereka makin kesulitan menjauh dari degradasi.

Diungkapkan Widodo, saat ini dirinya tengah berusaha meningkatkan semangat dan mood para pemain Singo Edan agar bisa bermain maksimal di sisa 10 laga musim ini. Di samping itu – tentu saja, mantan pelatih Bali United itupun lakukan evaluasi terhadap taktik yang dijalani Arema FC selama ini.

Kondisi Psikologis Pemain Arema FC Jadi Tantangan Besar

Namun, ditegaskan Widodo yang juga pernah membesut Persita Tangerang itu, dirinya tak akan lakukan perubahan mendasar – dan hanya lakukan perbaikan saja, sehingga bisa tetap menjaga semangat para pemainnya.

Sementara diakui Widodo, tak ada masalah dengan kondisi fisik para pemain Singo Edan saat ini. Masalah justru terjadi pada psikologis para pemainnya dan ini menjadi penghalang bagi timnya untuk segera tinggalkan zona merah.

Selanjutnya, Arema FC akan tandang ke markas RANS Nusantara FC pada 22 Februari 2024, dan masih ada waktu sekitar satu pekan untuk skuad Singo Edan mempersiapkan laga tersebut.

Gunakan Waktu Jeda Siapkan Laga Arema FC di Kandang RANS

Salah satu persiapan yang dilakukan Widodo untuk mendongkrak semangat dan kemampuan para pemainnya adalah, sodorkan program latihan untuk sepekan mendatang, di samping tingkatkan intensitas latihan maupun taktis.

Untuk tingkatkan intensitas latihan misalnya, Widodo yang selama masa jayanya sebagai pemain pernah membela Persija Jakarta itu, memperpanjang waktu berlatih para pemainnya di Arema.

Dia berharap, cara itu bisa membuat pasukannya lebih memahami dan bisa lebih berkonsentrasi terhadap materi yang diberikan tim pelatih. Apalagi, laga melawan RANS menjadi laga penting bagi Widodo dalam debutnya bersama skuad Singo Edan.

Widodo baru lima hari ditunjuk sebagai pelatih Arema FC yang baru, menggantikan Fernando Valente yang dipecat satu hari sebelumnya. Musim lalu, mantan pelatih Sriwijaya FC itu diketahui menukangi klub Liga2 Indonesia, Deltras FC, yang bermarkas di Sidoarjo.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!