Alasan Liverpool Rekrut Wataru Endo, Kapten Timnas Jepang

Gila Bola – Apa sih istimewanya Wataru Endo? Sampai-sampai Liverpool merekrut kapten timnas Jepang ini menjadi rekrutan berikutnya pada musim panas 2023. Salah satu alasan terkuatnya adalah perginya lima gelandang sekaligus dari Anfield, sebulan lalu.

Wataru Endo akan menjadi pemain the Reds berikutnya yang akan diperkenalkan sebelum jendela transfer Liga Inggris berakhir pada awal September. Kita akan bahas kelebihan-kelebihan pemain Jepang ini dan apa kontribusi yang bisa diharapkan bagi skuad Jurgen Klopp.

Apa Kelebihan Wataru Endo?

Daya tarik si pemain Stuttgart ini adalah, ia merupakan pemain ranking keenam yang memenangkan duel terbanyak di seantero Bundesliga musim 2022/23 lalu. Dan merupakan satu dari tiga pemain yang melakukan lebih dari 200 tackles.

Dan Endo merupakan satu dari dua pemain di seluruh Liga Jerman itu yang berhasil memenangkan bola kembali di tengah lapangan. Profil Endo cocok dengan gaya permainan Liverpool di bawah Jurgen Klopp, yang gemar menekan tinggi di setengah lapangan lawan, merebut bola sebelum memasuki setengah lapangan sendiri.

The Reds menjadi tertawaan seluruh dunia setelah dua target incarannya, Romeo Lavia dan Moises Caicedo, keduanya memilih pindah ke Chelsea meski pun klub pemilik dua pemain itu sudah menyepakai harga dengan manajemen tim merah Merseyside tersebut.

Statistik Wataru Endo

Keunggulan si pemain Nippon bukan hanya menjadi pemain urutan keenam di seluruh Bundesliga yang memenangkan duel-duelnya di atas lapangan. Jumlahnya adalah 227 kali duel dimenangkan olehnya.

Ia juga menempati urutan ke-12 pemain yang paling banyak memenangkan kembali bola di sepertiga lapangan lawan. Sebanyak 22 kali ia merebut kembali bola.

Selai itu melakukan 231 recoveries yang membuatnya menjadi pemain No 18 dalam urutan kekuasaan di seluruh Liga Jerman.

Pemain ranking 15 dengan 70 kali melakukan tackles dalam satu musim, selain memblokir passing lawan sebanyak 45 kali, merupakan pemain posisi 14 terbanyak di Bundesliga.

Kontribusi Endo Saat Menyerang Juga Menarik Perhatian

Ia menjadi pemain dengan jumlah terbanyak nomor empat untuk urusan gol dari luar kotak penalti. Sebanyak tiga gol serangan jarak menengah dicatatkannya semusim silam.

Endo juga melepaskan peluang gol bagi Stuttgart sebanyak 46 kali dari open play, merupakan figur kelima dari keseluruhan pemain Bundesliga.

Dan jumlah umpan terobosan atau passing-through yang sampai ke rekannya, tahu berapa? Lima kali satu musim. Setara dengan urutan ke-11 terbaik di seluruh Liga Jerman.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!