Juara Piala FA, Man Utd Lolos ke Liga Europa, Chelsea Harus Puas ke Liga Konferensi Eropa

Gila Bola – Bukan hanya Manchester City sebagai tim yang kalah, tapi ada dua klub lain di Premier League yang dirugikan dari kemenangan Manchester United di final Piala FA di Wembley pada Sabtu (25/5) malam WIB.

Dua tim yang dimaksud adalah Chelsea dan Newcastle United, yang mendapatkan dampak langsung dari kemenangan Manchester United di final Piala FA atas rival sekota Manchester City dengan skor 2-1.

Gol-gol Alejandro Garnacho dan Kobbie Mainoo membawa The Red Devils unggul 2-0 di babak pertama, dan sementara Jeremy Doku sempat memperkecil skor menit ke-87, tapi tim Erik ten Hag pada akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan menjadi kemenangan.

Bagi Manchester United, ini bukan kemenangan biasa karena selain kemenangan yang dihargai dengan trofi atas musim mereka yang buruk, juga karena mereka akan berhak bermain di sepak bola Eropa musim depan.

Hanya saja, sebagai dampaknya, Chelsea harus menerima turun level dari turnamen Eropa yang akan mereka ikuti musim depan, sementara Newcastle United malah benar-benar dirugikan atas keberhasilan United ini.

Apa yang Terjadi?

Manchester United finis sebagai tim peringkat kedelapan. Jika mereka tidak juara Piala FA, maka Chelsea yang di peringkat keenam akan lolos ke Liga Europa dan Newcastle di peringkat ketujuh akan bermain di Liga Konferensi Eropa.

Jadi, satu-satunya harapan The Red Devils untuk bisa bermain di Eropa musim depan setelah musim buruk di Premier League adalah dengan menjuarai Piala FA, yang hadiahnya adalah tiket ke Liga Europa musim depan.

Manchester United berhasil melakukannya, saat gol-gol Alejandro Garnacho dan Kobbie Mainoo tidak hanya dihargai dengan trofi Piala FA, tapi juga tiket ke Liga Europa yang sangat berharga.

Sebagai akibatnya, Chelsea yang berada di peringkat keenam gagal mendapatkan tiket kedua ke Liga Europa dan harus puas turun kasta dengan cukup tiket ke Liga Konferensi Eropa musim depan.

Sedangkan Newcastle United, yang berada di peringkat ketujuh, malah harus absen sama sekali dari sepak bola Eropa. Jika Manchester United kalah di sini, maka Chelsea bisa ke Liga Europa dan Newcastle yang ke Liga Konferensi Eropa.

Pembagian Tiket Eropa Premier League

  • Liga Champions : Manchester City (juara liga), Arsenal (peringkat kedua), Liverpool (peringkat ketiga), Aston Villa (peringkat keempat).
  • Liga Europa : Tottenham Hotspur (peringkat kelima), Manchester United (juara Piala FA).
  • Liga Konferensi Eropa : Chelsea (peringkat keenam)

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!