Manchester City Susah Payah Menang, Palace Cetak Rekor Aneh!

Gila Bola – Manchester City berhasil menang tipis di kandang Crystal Palace di Liga Inggirs pekan ke-27 di Selhurst Park pada 12 Maret 2023, penalti Erling Haaland jadi satu-satunya gol dalam laga ini.

Manchester City berhasil meraih kemenangan sulit 1-0 atas Crystal Palace pada hari Sabtu berkat penalti Erling Haaland di babak kedua. Meski sudah mendapatkan beberapa peluang, City tampaknya akan menyesal hingga Ilkay Gundogan dijatuhkan oleh Michael Olise di menit ke-75.

Haaland kemudian dengan tenang mengeksekusi penalti dan mencetak golnya yang ke-28 di Premier League, dan menjadikan City memenangkan lima dari enam pertandingan terakhir di liga. Kemenangan ini juga memperpanjang rekor Pep Guardiola di Selhurst Park dan membuat City berada dalam jarak dua poin dari pemuncak klasemen Arsenal. Pelatih City ini telah memenangkan lima dari tujuh kunjungannya ke Crystal Palace, dan dua sisanya berakhir imbang.

City memulai pertandingan dengan sangat baik di tengah hujan lebat di South London, dengan tembakan voli dari Rodrigo yang dipaksakan Vicente Guaita untuk melakukan penyelamatan pertama pada menit kedua. Satu menit kemudian, Jack Grealish hampir membuka skor setelah melakukan dribbling melewati Nathaniel Clyne dan melepaskan tembakan rendah dari jarak 20 yard.

Tuan rumah kemudian mulai menemukan pijakan di pertandingan dan mendapatkan kesempatan pertama mereka melalui Wilfried Zaha yang menerima umpan Michael Olise. Zaha mencoba melakukan tembakan dengan kaki kirinya, namun Manuel Akanji berhasil menghalau dengan blok yang impresif.

City terus menguasai penguasaan bola selama paruh pertama, tetapi kesulitan dalam menciptakan peluang yang cukup jelas karena permainan bertahan yang kuat dari Crystal Palace. Namun, City hampir berhasil mencetak gol melalui Nathan Ake yang melepaskan umpan kepada Erling Haaland di dalam kotak penalti, namun sayangnya tendangannya melebar di atas mistar gawang.

Haaland kembali menjadi sorotan beberapa saat kemudian dengan melepaskan tembakan melalui crossing yang dapat ditepis oleh Guaita, tetapi sayangnya bola yang disundul oleh Haaland mengarah keluar.

City terus mendominasi permainan sepanjang babak kedua. Kesempatan terbaik kami pada babak kedua datang ketika Grealish dilanggar di tepi kotak penalti Palace, namun tendangan bebas Phil Foden berhasil ditepis oleh Guaita dengan brilian. Julian Alvarez kemudian masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-60 dan langsung memberikan dampak positif dengan melakukan tendangan yang melebar di atas mistar.

Saat pertandingan sudah memasuki menit ke-75, momen penting terjadi ketika Grealish dan Gundogan melakukan tendangan sudut pendek yang menyebabkan Olise menjatuhkan Gundogan, wasit langsung menunjuk titik putih penalti! Haaland lalu menempatkan bola di titik penalti dan dengan tenang mengeksekusinya mengirim Guaita ke arah yang salah, sebelum akhirnya merayakan golnya dengan berlari ke arah suporter City di sudut lapangan.

Meski bola umpan dari Grealish sangat menggoda, ia tak berhasil mencetak gol kedua beberapa menit kemudian karena tidak mampu membidik bola dengan sempurna.

Meskipun tim tuan rumah menekan dengan keras pada akhir pertandingan, namun Ederson tetap gagal diuji saat peluit akhir berbunyi karena Palace mencatatkan rekor tak terduga dengan tiga pertandingan beruntun tanpa tembakan ke gawang lawan – sebuah prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Liga Premier sejak dimulainya catatan statistik.

Susunan Pemain

CRYSTAL PALACE (4-2-3-1): Vicente Guaita; Tyrick Mitchell, Marc Guehi, Joachim Andersen, Nathaniel Clyne; Albert Sambi Lokonga, Luka Milivojevic; Wilfried Zaha, Michael Olise, Jeffrey Schlupp; Jordan Ayew. Cadangan: Naouirou Ahamada, Odsonne Edouard, Jean-Philippe Mateta, James Tomkins, Chris Richards, Jairo Riedewald, Eberechi Eze, Joel Ward, Joseph Whitworth.

MANCHESTER CITY (4-2-3-1): Ederson; John Stones, Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Rodri, Ilkay Gundogan; Phil Foden, Bernardo Silva, Jack Grealish; Erling Haaland.
Cadangan: Riyad Mahrez, Aymeric Laporte, Kalvin Phillips, Kyle Walker, Cole Palmer, Julian Alvarez, Kevin De Bruyne, Rico Lewis, Stefan Ortega.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!