Melatih Birmingham City, Wayne Rooney Diyakini Ciptakan Gaya Bermain Tanpa Rasa Takut

Gila Bola – Mantan bintang Manchester United, Wayne Rooney, setuju untuk menjadi pelatih Birmingham City usai tinggalkan klub MLS, DC United.

Birmingham City diberitakan telah menyetujui kesepakatan untuk jadikan Wayne Rooney sebagai manajer baru mereka di sisa musim 2023/24.

Setelah alami pergantian kepemilikan pada musim panas lalu, Birmingham City berhasil lakoni awal kompetisi mereka di divisi Championship dengan gemilang, di mana mereka berhasil kantongi 18 poin dalam 11 pertandingan.

Usai tuntaskan musim lalu di posisi ke-17 – ini menjadi pencapaian terbaik mereka dalam tujuh tahun terakhir, Birmingham saat ini berada di posisi enam klasemen sementara Championship. Meski demikian, klub telah memutuskan untuk memberhentikan pelatih John Eustace.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di awal pekan ini, tim West Midlands tersebut mengaku akan menunjuk pelatih baru yang ‘akan bertanggung jawab untuk menciptakan identitas dan gaya bermain ‘tanpa rasa takut’ dengan jelas’.

Wayne Rooney Sudah Lama Dikaitkan dengan Birmingham

Namun, sebelum kepergian Eustace, sudah beredar kabar bahwa Wayne Rooney difavoritkan bakal menjadi pelatih baru Birmingham City.

Pelatih asal Inggris tersebut sebelumnya mengasuh DC United, di mana ia hanya bukukan 15 kemenangan dalam 53 laga yang ditanganinya di klub yang berbasis di Washington itu.

Pekan lalu, DC United telah mengumumkan bahwa mereka akan berpisah dengan Rooney – sesuai kesepakatan bersama, dan merasa bahwa hubungan kerja mereka sudah mencapai akhir.

Saat itu, Rooney mengindikasikan bahwa ia belum punya pekerjaan lain yang sudah dipersiapkan, meskipun muncul dugaan bahwa tugas Rooney berikutnya akan berada di Inggris.

Wayne Rooney Diharapkan Sudah Bertugas di Birmingham pada 21 Oktober

Diungkapkan The Times, seperti yang dilansir Sportsmole, saat ini kedua belah pihak telah menyetujui kesepakatan dan Wayne Rooney pun akan diperkenalkan sebagai pelatih Birmingham City yang baru dalam beberapa hari mendatang.

Laporan itu mengatakan, Rooney yang saat ini berusia 37 tahun telah ditawari gaji tiga kali lipat dari yang diterima Eustace, sebelum ia pergi dari St Andrew’s.

Dengan bergulirnya jeda internasional bulan ini, maka para petinggi Birmingham tak perlu terburu-buru untuk rampungkan kesepakatan ini. Meski demikian, Rooney diperkirakan akan berada di pinggir lapangan saat Birmingham City hadapi Middlesbrough – yang saat ini juga sedang bagus-bagusnya di lapangan, pada 21 Oktober 2023.

Rooney sebelumnya pernah mengasuh tim sepak bola Inggris lainnya, dengan catatan kali 24 kemenangan dan 22 hasil imbang dalam 85 pertandingan yang ia tangani di Derby County. Sayangnya, ketika itu, The Rams sedang terkena embargo transfer dan pengurangan poin.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!