Permata Baru Newcastle United Bernama Tino Livramento, Didikan Akademi Chelsea

Gila Bola – Semua pendukung Newcastle United pasti bangga dengan penampilan wonderkid baru mereka yang ikut membantu The Magpies dalam laga kemenangan mereka di Carabao Cup melawan Manchester City.

Dan permata baru Newcastle ini bernama Valentino Livramento, yang di laga ini menjalani debut penuhnya bersama Newcastle. Tapi siapa sebenarnya Tino Livramento? Dan di mana saja ia selama ini? Mari kita simak perjalanan karirnya

Alasan Valentino Livramento Disebut Wonderkid

Tino Livramento adalah pemain sepak bola yang telah mencuri perhatian dalam dunia sepak bola Inggris. Ia diakui sebagai “wonderkid” karena penampilannya yang luar biasa di lapangan dan potensinya di masa depan.

Pemain bernama lengkap Valentino Livramento ini bergabung dengan Newcastle dari Southampton pada musim panas dengan biaya yang dilaporkan mencapai £40 juta.

Ada beberapa kelebihan yang menjadi kunci utama yang membuat Tino menjadi seorang wonderkid.

Pemain Serbaguna

Pertama-tama, Tino Livramento adalah pemain yang sangat serbaguna. Peran utamanya adalah sebagai seorang bek kanan, tetapi ia juga nyaman bermain sebagai bek sayap atau gelandang kanan.

Fleksibilitas ini sangat dihargai dalam sepak bola modern, di mana manajer seringkali suka mengatur formasi dan sistem mereka.

Kemampuan Tino untuk bermain di beberapa posisi memberikan manajernya lebih banyak pilihan taktis dan menjadikannya aset berharga bagi setiap tim.

Punya Stamina Yang Baik

Kedua, Tino adalah atlet yang sangat baik. Ia cepat, lincah, dan memiliki stamina yang sangat baik, yang memungkinkannya untuk menutupi jarak yang besar di lapangan dan pulih dengan cepat dari posisi bertahan.

Keatletisan Tino juga memungkinkannya untuk melakukan serangan cepat di sisi kanan dan mengirimkan umpan silang untuk rekan-rekannya.

Kelebihan fisiknya membuatnya menjadi lawan tangguh bagi setiap pemain sayap atau penyerang dan memberikannya keunggulan atas rekan-rekannya.

Kemampuan Teknis di atas Rata-rata

Ketiga, Tino Livramento memiliki kemampuan teknis yang luar biasa. Ia adalah dribbler terampil dan memiliki kendali bola yang sangat baik, yang memungkinkannya untuk menghadapi bek lawan dan menciptakan peluang mencetak gol untuk timnya.

Tino juga adalah pemain yang akurat dalam memberikan umpan dan memiliki jangkauan umpan yang baik, yang memungkinkannya untuk beralih permainan dengan cepat dan memulai serangan balik.

Kemampuan teknisnya telah membuatnya dibandingkan dengan bek kanan mantan Chelsea dan tim nasional Inggris, Glen Johnson.

Pemimpin Alami

Keempat, Tino adalah pemimpin alami. Meskipun usianya masih muda, ia telah menunjukkan kualitas kepemimpinan baik di lapangan maupun di luar lapangan. Ia vokal, percaya diri, dan tidak takut untuk mengambil tanggung jawab.

Kemampuan kepemimpinan Tino telah terlihat dalam penampilannya untuk tim Under-23 Southampton, di mana ia menjadi kapten tim dan memberikan contoh. Kematangannya dan ketenangannya juga membuatnya mendapatkan penghormatan dari rekan-rekan setim senior, yang telah memuji sikap dan etos kerjanya.

Semangat Tinggi Untuk Sukses

Terakhir, Tino Livramento memiliki dorongan untuk sukses dan keinginan untuk terus berkembang. Ia adalah pekerja keras dan selalu berusaha untuk mengembangkan permainannya.

Dedikasi dan komitmennya terlihat dalam kariernya di akademi Chelsea, di mana ia menghabiskan beberapa tahun untuk mengasah keterampilannya. Ia juga mencari nasihat dari profesional berpengalaman seperti Cesar Azpilicueta dan Reece James, yang telah membantunya untuk meningkatkan permainannya.

Debut Sukses Tino Livramento

Manajer Magpies, Eddie Howe, sebelumnya sangat jarang menurunkan pemain belakang berusia 20 tahun ini hingga di laga melawan sang juara Liga Inggris musim lalu tersebut.

Sebelum pertandingan melawan Manchester City, Livramento hanya tampil dalam dua pertandingan Premier League sebagai pemain pengganti, dengan total hanya bermain selama 24 menit.

Dan pertandingan Carabao Cup adalah kesempatan bagus bagi pemain pengganti dan bintang akademi tersebut untuk mendapatkan waktu bermain yang signifikan.

Dan terbukti tak sia sia saat Howe melakukan sejumlah perubahan pada formasi Newcastle, Livramento mendapatkan kesempatan pertama tampil sebagai pemain utama The Magpies.

Tino Livramento tidak mengecewakan kepercayaan yang diberikan oleh sang pelatih, bek kanan Newcastle ini berhasil mengawal pemain dengan bandrol £100 juta, Jack Grealish, agar tetap dapat bermain dengan tenang dan ia pun berhasil menggagalkan peluang Manchester City saat melawan Matheus Nunes jelang akhir pertandingan.

Pujian Untuk Livramento

Legenda Newcastle, Alan Shearer, menggambarkan Livramento sebagai pemain yang sempurna usai pertandingan yang berakhir dengan skor 1-0.

Tentu saja, kita semua sudah melihat apa yang dapat dilakukan mantan pemain Southampton ini, setelah tampil mengesankan di Premier League musim lalu.

Ketika ia bergabung dengan Southampton yang sekarang sudah terdegradasi, Ralph Hasenhuttl bahkan menyebutnya sebagai “salah satu bakat terbaik di Inggris”.

Livramento masih berada di awal karirnya, tetapi ia jelas berada di jalur yang tepat untuk mencapai potensi tersebut.

Meskipun bandrol £40 juta bukanlah harga yang murah, jika pemain baru Newcastle ini terus berkembang dalam beberapa tahun mendatang, maka ini akan terlihat seperti sebuah kesepakatan yang sangat menguntungkan.

Newcastle dan Howe pantas mendapatkan pujian atas perekrutan Livramento. Mereka mungkin telah menemukan sebuah permata dengan transfer Livramento.

Sebagai kesimpulan, Tino Livramento adalah seorang wonderkid karena serbaguna, atletisisme, kemampuan teknis, sifat kepemimpinan, dan hasrat untuk sukses. Ia memiliki semua atribut yang diperlukan untuk menjadi pemain sepak bola kelas atas dan telah menunjukkan potensinya dalam penampilannya untuk Southampton.

Dengan bimbingan dan pengembangan yang tepat, Tino bisa mencapai prestasi besar dalam karirnya dan menjadi bintang masa depan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!