Spurs dan MU Harus Sungkem Sama West Ham! Jatah Tiket Liga Champions Klub Inggris Akan Bertambah

Gila Bola –┬áKlub yang bermain di Liga Inggris diprediksi akan mendapatkan tiket kelima Liga Champions musim depan, analisis UEFA menunjukkan kemungkinan besar Premier League akan mengungguli Bundesliga dalam nilai koefisien.

Format Liga Champions menambah peserta mulai tahun 2024 berarti dua tempat akan diberikan kepada tim dari negara-negara yang tampil terbaik di kompetisi Eropa selama musim sebelumnya.

Tabel koefisien UEFA menempatkan Italia di posisi teratas, liga Jerman sedikit unggul dari Inggris di posisi kedua. Namun, kemenangan meyakinkan West Ham atas Freiburg mungkin akan merubah nasib tim-tim yang berada di Liga Inggris.

Sebelum tahap perempat final dari tiga turnamen klub UEFA, Inggris berada tipis satu poin di belakang Jerman dalam tabel koefisien, yang dihitung berdasarkan poin yang diberikan untuk performa dan dibagi oleh jumlah tim yang memulai musim ini di kompetisi Eropa.

Inggris memulai dengan delapan tim dan Jerman tujuh tim, tetapi setelah West Ham menyingkirkan Freiburg, Jerman kini hanya menyisakan tiga tim di babak perempat final kompetisi Eropa sementara Inggris punya lima tim!

Sistem koefisien memberikan dua poin untuk kemenangan, satu untuk imbang, dan di Liga Champions dan Liga Europa, satu poin untuk melewati setiap babak dari babak 16 besar (Liga Konferensi memberikan satu poin tambahan hanya setelah babak semifinal).

Sampai saat ini, menurut UEFA, klub-klub Inggris hanya perlu mendapatkan satu poin lebih dari total yang diperoleh oleh tim-tim Jerman di perempat final untuk menduduki posisi kedua dalam tabel koefisien.

Setelah kemenangan 5-0 West Ham atas Freiburg, David Moyes telah meningkatkan peluang timnya West Ham untuk kembali ke kompetisi Eropa musim depan, dengan posisi kedelapan di klasemen Liga Inggris kemungkinan besar akan menjamin tempat di kompetisi Eropa.

Hal ini juga berarti Aston Villa dan Tottenham memiliki peluang besar untuk masuk ke Liga Champions, dan bahkan Manchester United yang di posisi keenam, masih mungkin juga untuk kembali ke Liga Champions.

Pertarungan untuk nilai koefisien akan menjadi fitur yang berulang dalam format kompetisi baru UEFA, dengan ketiga turnamen tersebut diperluas menjadi babak penyisihan grup 36 tim mulai musim depan.

Jika Inggris memiliki delapan tim di Eropa untuk musim kedua, akan ada peluang lebih besar untuk mendapatkan total koefisien yang kompetitif lagi, dan kemungkinan menciptakan siklus yang menguntungkan bagi tim tim di Premier League.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!