Tak Perlu Tunggu Besok, Arsenal Pastikan Manchester City Juara Liga Inggris Malam Ini

Gila Bola – 23 jam sebelum Manchester City diwajibkan menang guna memastikan gelar juara Premier League, Arsenal sudah lebih dulu menyerahkan trofi itu kepada the Skyblues melalui kekalahan di Nottingham Forest.

Pasukan Mikel Arteta wajib menang guna menjaga tekanan atas Manchester City, namun kekalahan di Nottingham menyebabkan selisih kedua tim di puncak klasemen Liga Inggris terjaga empat poin, dengan hanya satu laga tersisa bagi the Gunners.

Kalau pun Arsenal memenangkan laga terakhir musim melawan Wolves, tiga poin itu tidak akan cukup untuk mengejar posisi pasukan Pep Guardiola. Jadi pada Sabtu malam (20/5) ini tim biru langit sudah bisa dipastikan menjadi juara kompetisi Liga Inggris 2022/23.

Manchester City Juara Tanpa Harus Menjalani Dua Laga Sisa

Trofi Premier League sudah dibawa ke Etihad Stadium di kota Manchester City, guna mengantisipasi kemenangan tim biru atas Chelsea pada laga Minggu malam (21/5).

Namun ternyata 23 jam sebelum penyerahan trofi itu, the Citizens sudah boleh merayakan gelar juara pada Sabtu malam ini. Jumlah poin Arsenal (81) sudah tidak mungkin mengejar koleksi nilai City (85) dengan hanya satu laga tersisa.

Dominasi Bola Arsenal Sungguh Keterlaluan

Tahukah Anda berapa persen dominasi bola the Gunners selama laga di City Ground di kota Nottingham? 83 persen lebih! Tapi meskipun sangat dominan mereka dikecewakan oleh permainan bertahan tuan rumah, yang menyebabkan xG atau angka harapan gol tim tamu tidak pernah beranjak dari 0,12.

Sementara anak-anak Steve Cooper memiliki empat percobaan gol dan satu tepat sasaran ke gawang Aaron Ramsdale yang berubah menjadi gol, pasukan Mikel Arteta mencatatkan hanya tiga upaya gol. Satu di antaranya tepat sasaran ke gawang Keylor Navas, tetapi gagal gol.

Dengan kemenangan ini maka Nottingham dipastikan selamat dari degradasi. Jumlah nilai tim promosi ini 37 poin, sudah tidak mungkin lagi dikejar oleh Everton (33) maupun Leicester City (30) dan Southampton (24), dua dari tiga tim di bawahnya.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Hanya Leeds United dengan koleksi 31 poin saat ini dan baru menjalani 36 pertandingan serta berada di ranking 18 yang memiliki peluang menyamai perolehan nilai Nottingham, dengan syarat memenangkan dua laga sisa di West Ham dan saat menjamu Tottenham Hotspur.

Leicester City juga baru menjalani 36 laga, tetapi kalau pun memenangkan dua laga sisanya, koleksi nilai maksimal pasukan Dean Smith itu hanya akan mencapai 36 poin, satu poin lebih rendah dari jumlah koleksi the Forest.

Siapa Pencetak Gol Nottingham ke Gawang Arsenal?

Taiwo Awoniyi. Pemain Nigeria berumur 25 tahun. Apa yang lebih mengejutkan lagi, ini merupakan gol kelima Awoniyi dari iga laga terbarunya setelah dua golnya ke gawang Southampton dalam kemenangan 4-3 pada tanggal 8 Mei 2023 lalu, selain dua gol lainnya dalam hasil imbang 2-2 di Chelsea pada 13 Mei.

Penyerang kelahiran 12 Agustus 1997 itu bermain di banyak klub, tetapi ia baru saja didatangkan dari Union Berlin ke Nottingham pada awal 2022/23, sudah melesakkan delapan gol total dan satu assist sejauh ini dari 25 pertandingan bersama tim merah.