Tottenham ke Liga Europa, Chelsea Harus Menanti Hasil Piala FA Man United

Tottenham mengamankan posisi kelima dan tiket Liga Europa musim depan berkat kemenangan 3-0 atas Sheffield United di hari terakhir musim ini, sementara Chelsea harus menunggu dengan cemas untuk melihat kompetisi apa yang akan mereka ikuti.

Spurs hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan partisipasi mereka dan tidak melakukan kesalahan melawan Sheffield United yang sudah terdegradasi. Chelsea pada akhirnya tidak bisa mengejar rival London mereka meskipun mereka menang tipis atas Bournemouth.

Meskipun Chelsea dipastikan akan bermain di kompetisi Eropa musim depan, setelah menahan tantangan Newcastle United, kompetisi apa yang akan mereka mainkan sekarang tergantung pada hasil final Piala FA Sabtu depan.

Ada harapan tipis untuk The Blues pada tahap awal pertandingan Tottenham melawan Sheffield United, dengan tim London utara itu terlihat sedikit gugup dan mereka harus menahan tekanan awal dari tim tuan rumah yang berani, tetapi mereka justru memimpin – dan mengontrol permainan – secara mengejutkan di menit ke-14.

Setelah bola dimenangkan di lapangan atas, striker Dejan Kulusevski yang bermain sebagai penyerang utama saat itu, dioper oleh Heung-min Son dan melepaskan tembakan ke sudut jauh dari sudut yang sangat tajam, membawa Spurs menguasai pertandingan.

Mereka mengakhiri babak pertama dengan penguasaan bola 72 persen, lima tembakan tepat sasaran, dan satu tembakan yang membentur bagian dalam tiang gawang dari Rodrigo Bentancur.

Dominasi itu berlanjut setelah jeda, dengan bola liar di depan gawang yang akhirnya membuat Pedro Porro melepaskan tembakan keras ke gawang sebelum Kulusevski menyelesaikan pergerakan indah untuk mencetak gol keduanya di pertandingan tersebut.

Sementara itu, Chelsea memulai dengan sangat baik di Stamford Bridge melawan Bournemouth saat mereka mencoba memberi tekanan kepada Spurs. Moises Caicedo akhirnya membuka rekening golnya untuk klub dengan tendangan luar biasa.

Setelah kiper Bournemouth Neto keluar dari gawangnya, bola sapuannya justru menghampiri Caicedo di garis tengah. Caicedo kemudian melepaskan tembakan fantastis yang melewati lautan pemain dan masuk ke gawang.

Beberapa saat setelah turun minum, mereka menggandakan keunggulan, dengan Raheem Sterling berlari kencang di sisi kiri, melewati pemain lawan dan melepaskan tembakan yang menyusup di bawah Neto.

Bournemouth langsung membalas, melalui umpan silang tinggi yang mengarah ke Enes Unal di tiang jauh. Unal kemudian memotong ke dalam dan melepaskan tembakan ke gawang yang membentur Benoit Badiashile – dan tercatat sebagai gol bunuh diri.

Chelsea harus menahan banyak tekanan di menit-menit akhir tetapi bertahan untuk mengamankan kemenangan 2-1 dan posisi keenam di klasemen – sesuatu yang terlihat sangat tidak mungkin hanya beberapa minggu lalu.

Newcastle United juga berpeluang merebut potensi tempat keenam Liga Europa, tetapi mereka harus menang di Brentford dan Chelsea harus terpeleset.

Yang kedua tidak terjadi, tetapi The Magpies tetap mengakhiri musim dengan baik saat mereka mengalahkan The Bees dengan performa babak pertama yang tanpa ampun.

Pemeriksaan VAR sebenarnya menganulir gol pembuka dari Ivan Toney, sebelum gol cepat dari Harvey Barnes, Jacob Murphy dan Alexander Isak dalam waktu 17 menit tampaknya memastikan kemenangan mereka sebelum jeda.

Brentford mengancam comeback di awal babak kedua, mencetak dua gol, tetapi Bruno Guimaraes yang brilian mencetak gol sekitar 15 menit sebelum waktu bermain berakhir untuk membawa timnya unggul 4-2 dan menggagalkan harapan comeback tim tuan rumah.

Hasil tersebut membuat Newcastle menahan Manchester United – yang mengalahkan Brighton – untuk mengamankan posisi ketujuh, tetapi, seperti Chelsea, mereka juga harus menunggu sampai akhir pekan depan untuk mengetahui nasib mereka di Eropa.

Meskipun Manchester United finis di luar zona Eropa, mereka masih bisa mengklaim tempat di Liga Europa jika mereka mengalahkan rival – dan juara Liga Premier 2023/24 – Manchester City di final Piala FA di Wembley pada hari Sabtu.

Kemenangan dalam kompetisi tersebut disertai dengan hadiah berupa tempat di Liga Europa, yang akan diberikan kepada tim peringkat keenam di liga jika City menang (karena mereka sudah berada di Liga Champions) atau United jika Setan Merah menjadi juara.

Jika City menang, peringkat ketujuh – yang ditempati oleh Newcastle – akan mendapatkan tempat di Liga Konferensi Eropa, tetapi jika United menang maka mereka tidak akan mendapatkan apa-apa dan Chelsea yang akan bermain di kompetisi tingkat ketiga tersebut.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!