VAR dalam Sorotan Usai Dianulirnya Gol Luis Diaz: Guardiola Berbicara Tentang Pentingnya Keadilan

Gila Bola – Pernyataan kontroversial Pep Guardiola, manajer Manchester City, telah memicu diskusi baru dalam kasus VAR yang melibatkan Liverpool dan gol Luis Diaz yang dianulir.

PihakĀ The Reds telah meminta untuk mendengarkan audio VAR terkait pertandingan dalam kekalahan 2-1 mereka dari Tottenham Hotspur pada hari Sabtu di Premier League yang berakhir kontroversi.

Permintaan ini muncul setelah gol sah Luis Diaz dianulir oleh VAR, dan PGMOL (Professional Game Match Officials Limited) mengonfirmasi adanya “kesalahan manusia yang signifikan” dalam keputusan tersebut.

Dalam pertandingan tersebut, Darren England bertugas sebagai pengawas VAR. Diyakini bahwa dia salah dalam menafsirkan bahwa gol tersebut telah disetujui oleh wasit di lapangan. Oleh karena itu, dia dengan cepat menyatakan “pemeriksaan selesai” untuk memverifikasi posisi on-field Luis Diaz.

Namun kenyataannya bahwa tim wasit di lapangan memutuskan bahwa keputusan awal mereka untuk membatalkan gol tersebut dengan alasan offside adalah yang benar, sehingga pertandingan dilanjutkan.

Pep Guardiola, ketika memberikan pandangannya tentang insiden tersebut, mengkritik peran dan pengaruh para pengadil lapangan dalam sepak bola. Dia menyatakan bahwa mereka harus menemukan sistem di mana peran utamanya adalah para pemain dan pertandingan itu sendiri.

Menurutnya, di semua negara, tidak hanya di Inggris, wasit dan teknologi VAR adalah peran utama. Manajer Manchester City itu pun dengan tegas meminta bahwa mereka harus mundur karena pertandingan sepak bola seharusnya adalah tentang para pemain

Dia menambahkan bahwa dalam beberapa pertandingan, wasit harus bersikap lebih rendah hati dan membiarkan para pemain melakukan pekerjaan mereka, dan dengan demikian, para pemain akan menjadi lebih baik.

Pep Guardiola mengklaim bahwa VAR telah mengubah peran wasit, dan sekarang VAR memiliki tugas penting dalam mengambil keputusan, bukan lagi wasit yang sebelumnya bisa menentukan keputusan soal pertandingan.

Bos Manchester City juga menyadari betapa kecewanya Liverpool terhadap insiden tersebut dan menyatakan bahwa jika ada kesalahan yang terjadi dengan VAR, itu akan menjadi masalah.

Dia menekankan bahwa dia mengandalkan PGMOL, badan yang mengatur wasit, untuk memastikan pengambilan keputusan yang benar, berharap bahwa kinerja VAR bisa terus diperbaiki.

Sementara Pep Guardiola menegaskan bahwa dia bukan seorang profesional dalam hal arbitrase sepak bola, dia menekankan pentingnya untuk memperbaiki sistem. Dia menyimpulkan bahwa dalam pertandingan seperti ini, penting untuk memastikan keadilan dalam pengambilan keputusan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!