Alasan Stadion Anfield Ditolak Masuk Lapangan Pertandingan Euro 2028

Gila Bola – Sudah tahu belum mengapa kandang Liverpool, Anfield, tidak masuk satu dari 10 stadion yang akan menjadi tuan rumah Euro 2028? Semua stadion besar lain masuk daftar, termasuk rival satu kota, Everton Stadium yang tengah dibangun. Begini alasannya.

Dimensi dari lapangan sepak bola di Anfield tidak memenuhi syarat UEFA. Itu sebabnya stadion ini dicoret dari daftar stadion yang akan menjadi arena Piala Eropa 2028.

Panjang Anfield hanya 101 meter, sementara lebarnya 68 meter. UEFA mensyaratkan lapangan untuk laga-laga turnamen Euro mereka dilangsungkan di lapangan yang memiliki panjang minimal 105 meter. Selisih empat meter dan gagal masuk!

Sebenarnya bukan hanya Anfield yang gagal masuk. Stadion milik Manchester United, Old Trafford, juga gagal terpilih sebagai satu dari stadion tuan rumah turnamen. Tapi itu karena alasan berbeda.

Stadion kebanggaan pendukung Setan Merah itu gagal masuk, meskipun semula ada dalam daftar 14 stadion yang dicalonkan, karena minimnya renovasi dan fasilitas pendukung stadion setelah selama ini diabaikan oleh pemilik klub, Keluarga Glazers.

Daftar 10 Stadion yang Akan Jadi Arena Euro 2028

Wembley Stadium yang memiliki kapasitas 90 ribu lebih penonton, dan stadion megah yang baru saja dibangun oleh Spurs, Tottenham Hotspur Stadium dengan kapasitas 62.300 orang, keduanya di kota London, akan masuk dalam 10 stadion yang akan menggelar pertandingan-pertandingan Euro 2028.

Selain itu, Casement Park di Belfast dengan kapasitas 34.500 orang menjadi stadion berikutnya. Lalu Dublin Arena yang bisa menampung 51.711 penonton.

Dan para pendukung Red Devils yang ingin ikut nonton Euro 2028 akan dipaksa memasuki arena biru Stadion Etihad. Itu merupakan satu-satunya stadion di kota Manchester yang menjadi tuan rumah. Arena milik Manchester City itu mampu menampung 61 ribu penonton.

Sedikit jauh, tetapi masih di area Merseyside, adalah stadion baru milik Everton FC yang kini tengah dibangun dan diperkirakan selesai tepat waktu sebelum 2028. Berlokasi di Bramley Moore Dock di kota Liverpool, stadion ini bisa menampung 52.679 orang.

Hampden Park di kota Glasgow adalah stadion berikutnya dengan kapasitas 52 ribu orang, selain Principality Stadium di kota Cardiff yang memiliki daya tampung 73 ribu orang. Ini akan menjadi stadion kedua terbesar setelah Wembley.

Arena milik Newcastle United, Saint James’ Park, juga ternyata masuk daftar 10 stadion yang dinilai layak menyelenggarakan pertandingan internasional dengan kapasitas 52 ribu sekian.

Sedangkan Villa Park di kota Birmingham adalah stadion terakhir yang diperkirakan akan masuk menjadi salah satu tuan rumah.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!