Arsenal, Tim Paling Sukses di Piala FA, Gagal Melaju ke Putaran Kelima

Gila Bola – Gol dari Nathan Ake menggagalkan usaha Arsenal untuk merebut Piala FA kali ke-15 sepanjang sejarah. Sebaliknya, bagi Manchester City, ini akan menjadi kesempatan merebut trofi pertamanya musim ini.

Arsenal takluk 1-0 di kandang City dalam perjumpaan terbaru Pep Guardiola lawan bekas asistennya di Emirates Stadium, Mikel Arteta. Kemenangan ini menyebabkan the Skyblues memperpanjang dominasinya atas the Gunners.

Sudah lima head-to-head sebelum ini di semua kompetisi berakhir dengan kemenangan the Cityzens, dengan hasil Sabtu pagi (28/1) menyebabkan sudah enam kemenangan beruntun bagi City atas Arsenal.

Kemenangan ini memberi City kelolosan ke putaran kelima FA Cup musim ini, yang memberi peluang tim biru langit itu gelar pertamanya musim ini dan Piala FA nomor enam sepanjang sejarah.

Bagaimana Pertandingan City vs Arsenal Berjalan

Tuan rumah lebih unggul selama babak pertama dalam hal dominasi bola (58:42) dan juga percobaan gol (5:4), tetapi kalah dalam hal serangan tepat sasaran. Sementara itu situasi sebaliknya terjadi untuk paruh kedua.

Babak kedua laga di Emirates Stadium ini berlangsung kebalikan dari paruh pertama. Masuknya William Saliba guna menggantikan Rob Holding, serta Sambi Lokonga guna mengisi posisi Thomas Partey, menyebabkan tim merah kota London itu lebih dominan selama 45 menit kedua.

Tetapi justru gol dari Nathan Ake terjadi pada babak kedua pertandingan putaran keempat FA Cup tersebut saat skuad Guardiola memiliki dua saja upaya gol dan satu tembakan tepat sasaran.

Gol Nathan Ake terjadi setelah serangan dari Julian Alvarez berhasil diblokir oleh kiper Matt Turner, sebelum bola muntah dikuasai Jack Grealish, yang kemudian menyerahkan si bundar ke pemain Belanda itu, yang menembak rendah ke tiang jauh.

Arsenal Sudah 14 Kali Juara, City Baru 6

The Gunners merupakan tim paling sukses di ajang Piala FA, memenangkan gelar ini sebanyak 14 kali sepanjang sejarah. Terakhir kali itu terjadi tahun 2020 saat mereka menang 2-1 atas rival London, Chelsea, di hadapan Stadion Wembley yang kosong melompong akibat krisis kesehatan.

Kekalahan ini menyebabkan Arsenal tidak mungkin mencoba meraih gelar FA Cup ke-15 kalinya. Sebaliknya, ini akan menjadi kesempatan terbaik bagi Ilkay Gundogan dan kawan-kawan untuk mencoba meraih Piala FA ketujuh kalinya sepanjang sejarah.

Antara Arsenal dan City, terdapat Manchester United yang menang 12 kali, kemudian Chelsea dan Liverpool serta Spurs masing-masing delapan kali. Disusul kemudian oleh Aston Villa (7), Newcastle United (6) dan juga Blackburn Rovers (6).

Berkah di Balik Kekalahan Arsenal

Meski pun akan merasa sangat kecewa gagal melaju ke putaran kelima Pila FA, tetapi kekalahan ini akan menyebabkan Mikel Arteta semakin fokus pada Liga Inggris. Arsenal (50 poin) di bawah ancaman Manchester City yang berjarak lima poin saja di bawah mereka.

The Gunners juga sudah tersingkir di ajang Piala Liga atau EFL Cup, dikalahkan Brighton pada putaran ketiga. Dengan demikian hanya tersisa Premier League dan juga Liga Europa.

Di kompetisi Liga Europa, tim merah itu baru akan menjalani babak 16 besar pada 9 dan 16 Maret 2023 mendatang. Siapa lawan Arsenal belum diketahui, bergantung pada hasil play-off.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!