Bayern Munchen Ke Laut, Stuttgart Tantang Leverkusen di Piala Super

Gila Bola – Pupus sudah harapan Bayern Munchen amankan satu saja trofi domestik setelah posisinya disalip VfB Stuttgart di klasemen akhir musim ini. Berikutnya, Die Schwaben menjadi tim yang akan menantang Bayer Leverkusen di Piala Super, Agustus mendatang.

Jika Bayer Leverkusen menjadi jawara Bundesliga musim 2023/24 ini, VfB Stuttgart merupakan tim yang berhasil menyabet peringkat ke dua. Kedua tim ini akan bertemu di Piala Super Jerman – ajang Piala Super pertama bagi Stuttgart.

Tradisinya, laga pembuka musim baru itu akan pertemukan juara bertahan Bundesliga dengan juara bertahan Piala DFB. Namun, jika tim pemenang Piala DFB juga menjadi juara liga, maka tim runner-up Bundesliga-lah yang akan diundang untuk menjadi lawannya.

Setelah Leverkusen kalahkan tim Bundesliga 2, Kaiserslautern, di final Piala DFB musim 2023/24, Stuttgart – tim runners-up di musim yang baru berakhir saat ini setelah berhasil menyalip Bayern Munchen ke peringkat dua Bundesliga. Mereka akan menjadi tim yang hadapi┬áDie Werkself di Piala Super Jerman yang akan digelar pada 17 Agustus 2024.

Jika jadwal Piala Super Jerman 2024 sudah ada, yakni 17 Agustus, pihak otoritas sepak bola setempat belum tentukan di mana pertandingan kedua tim papan atas itu akan digelar.

Dalam situs resmi Bundesliga disebutkan, Leverkusen pun bisa menjadi tim pemenang ke-9 berbeda yang mengangkat trofi di kompetisi satu laga itu, setelah RB Leipzig menang atas Bayern di Piala Super Jerman musim panas lalu.

Ini menjadi edisi pertama sejak tahun 2011, di mana Piala Super Jerman tak melibatkan Bayern Munchen. Ketika itu, Schalke yang menjadi juaranya setelah kalahkan Borussia Dortmund dalam drama adu penalti.

Piala Super sebelumnya ada antara tahun 1987 dan 1996, tapi diorganisir oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). Turnamen itu kemudian digantikan Ligapokal (Piala Liga), hingga DFB memperkenalkan kembali ajang ‘Piala Super’ dengan format kompetisi seperti yang ada sekarang pada tahun 2010.

Leverkusen sendiri pernah menjadi runner-up Piala Super DFB pada tahun 1993, setelah mereka memenangkan piala domestik pada musim sebelumnya.

Tim asuhan Xabi Alonso itu sendiri sukses menjadi tim yang tak terkalahkan di Bundesliga, setelah menutup kompetisi Liga Jerman di musim ini dengan kemenangan 2-1 atas Augsburg pekan lalu.

Meskipun sempat kandas di ajang Eropa – kalah dari Atalanta di final Liga Europa, Leverkusen berhasil menyabet trofi kedua di musim ini setelah menang atas Kaiserlautern di Piala DFB.

Kini, mereka berpeluang menyabet trofi ketiga di musim ini, jika berhasil menang atas Stuttgart di Piala Super di pertengahan tahun ini.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!