Gavi Egois! Harusnya Spanyol Akhiri Final UEFA Nations League Lebih Cepat

Gila BolaTimnas Spanyol seharusnya bisa menyelesaikan final UEFA Nations League 2023 kontra Kroasia lebih cepat lagi, kalau saja Gavi tidak bermain egois pada menit 11 laga puncak yang selesai Senin dinihari (19/1). Lihat fotonya.

Serangan Gavi pada menit 11 itu meleset dari gawang Kroasia, padahal seharusnya bisa berujung gol La Roja kalau saja bola diserahkan ke Marco Asensio, penyerang 27 tahun yang baru saja dilepas sebagai bebas agen oleh Real Madrid, dan sudah mencetak 14 gol bagi klub dan negaranya sepanjang 2022/23.

Gavi berlari masuk dalam sebuah kesempatan, melepaskan serangan dari tepi kotak yang meleset ke sisi gawang Dominik Livakovic. Padahal ada Asensio (jersey No 10) yang berdiri bebas tanpa penjagaan.

Skor akhir final UEFA Nations League pasti sudah Anda ketahui. 0-0 sepanjang 90 menit dan 0-0 pula sepanjang dua kali 15 menit extra time. Pada babak adu penalti, dua pemain Kroasia gagal menjalankan tugasnya, sedangkan hanya satu pemain Spanyol yang gagal dalam eksekusi penalti itu.

Data Permainan Final UEFA Nations League 2023

Seperti bisa kita tebak, timnas Spanyol selalu bermain lebih dominan dan mengutamakan penguasaan bola. Tim merah memiliki 53% dominasi atas si bundar selama 45 menit pertama, melepaskan enam kali percobaan gol tetapi coba lihat angka serangan tepat sasaran ke gawang Dominic Livakovic. Nol, nihil!!

Sebaliknya Luka Modric dan rekan-rekannya selama babak pertama hanya memiliki 47% saja penguasaan bola, tetapi berhasil melepaskan empat upaya gol dan tiga shots on target!! Jauh lebih baik dan lebih efisien daripada anak-anak Luis de la Fuente.

Babak kedua berbeda sama sekali dengan Jordi Alba dan rekan-rekannya mencoba lebih sabar dan memundurkan garis serangan mereka guna mengundang para pemain tim kotak-kotak untuk maju dan meninggalkan ruang kosong. Tapi situasi 50:50 selama paruh kedua dengan dua percobaan gol dari tim putih, tiga untuk tim merah. Laga kemudian dilanjutkan ke extra time dan akhirnya adu penalti.

Kroasia Harus Menanti Lebih Lama Lagi

Gelar juara UEFA Nations League 2023 seharusnya bisa¬†menjadi gelar internasional pertama bagi Luka Modric dan rekan-rekannya setelah mereka nyaris menjadi juara pada Piala Dunia 2018, dikalahkan oleh Paul Pogba, N’Golo Kante dan rekan-rekannya pada partai final di Rusia tersebut.

Namun sayangnya Lavro Majer dan Bruno Petkovic gagal menyarangkan bola ke gawang Unai Simon, sementara dari kubu Spanyol hanya Aymeric Laporte yang gagal menyelesaikan tugasnya. Itu berarti Kroasia harus menanti gelar pertama mereka lebih lama lagi. Turnamen besar berikutnya adalah Euro 2024.

Piala Pertama Spanyol Setelah 11 Tahun!

Perlu diingat bahwa pada masa jayanya, La Roja pernah menyandingkan Piala Dunia dan Piala Eropa, yakni saat mereka menjadi juara Euro 2008 lalu juara dunia 2010 dan kembali menguasai Eropa pada 2012. Tapi sejak saat itu tidak pernah ada gelar juara lagi.

Terbaru, mereka meraih posisi kedua UEFA Nations League 2021 saat dikalahkan oleh Perancis di partai final. Kini mereka bergembira dengan piala kompetisi ini untuk edisi 2023.

Kategori: Gilabola.com, Sepak Bola Internasional
Topik: Hasil Bola, Timnas Kroasia, Timnas Spanyol, UEFA Nations League