Hasil Irak vs Vietnam Skor Akhir 3-2 di Piala Asia, Golden Star Warriors Pulang dengan Tangan Hampa!

Gila Bola – Hasil Irak vs Vietnam di pertandingan ketiga fase Grup D Piala Asia yang berlangsung di Jassim bin Hamad Stadium, Rabu (24/1), berakhir dengan skor 3-2.

Vietnam telan kekalahan ketiga di fase grup Piala Asia, dan harus pulang dengan tangan hampa. Pertama mereka dikalahkan Jepang 2-4, lalu dipermalukan Indonesia 0-1 dan kini dikalahkan Irak 2-3.

Ini menjadi kekalahan ketiga yang dibukukan Golden Star Warriors di turnamen ini, hingga mereka harus angkat koper tanpa kantongi satu pun poin. Tentunya, ini bukan hasil yang patut dibanggakan untuk sebuah tim yang disebut-sebut sebagai salah satu raja sepak bola Asia Tenggara, bukan?

Di laga ini, Vietnam sebenarnya unggul lebih dulu di laga ini saat Bui Hoang Viet Anh berhasil menjebol gawang Irak di menit 42. Namun, Irak samakan kedudukan di menit 47 lewat gol Rebin Sulaka.

Aymen Hussein sempat membawa Irak memimpin 2-1 di menit 73, tapi Vietnam – yang telah bermain dengan 10 pemain setelah Khuat Van Khang dikartu merah di akhir babak pertama, berhasil membalas dan samakan kedudukan lewat aksi Nguyen Quang Hai di masa injury 90+1.

Laga awalnya diperkirakan bakal ditutup dengan hasil imbang 2-2, dan Vietnam bisa membanggakan satu poin yang mereka raih atas Irak. Namun, pemain Vietnam Vo Minh Trong lakukan pelanggaran di area terlarang hingga Irak kembali dihadiahi penalti yang sukses dieksekusi Aymen di menit 90+12.

Irak harusnya bisa unggul lebih banyak karena sebelumnya mereka juga memiliki peluang penalti di menit 83. Sayangnya, ketika itu Aymen gagal saat mengeksekusi peluang tersebut.

Berkat kemenangan ini, Irak tetap berjaya di puncak klasemen Grup D dengan sembilan poin – tiga poin di atas Timnas Jepang (6 poin) yang kalahkan Indonesia (tiga poin), 3-1. Sedangkan Vietnam, tetap menghuni posisi juru kunci hingga akhir fase grup dan harus pulang dengan nol poin.

Gol Bunuh Diri Pemain Irak Dianulir, Vietnam Gagal Memimpin di Awal Laga

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Vietnam kembali tampil menggila saat mereka bertemu Irak di laga terakhir fase grup malam ini.

Meskipun Irak berkali-kali berhasil lancarkan serangan ke gawang Vietnam – sebagian besar lewat posisi set-piece, tetapi tak ada satupun yang membuahkan hasil.

Pemain Irak Zaid Tahseen sempat mencetak gol bunuh diri di menit ke-17 saat ia berusaha mengantisipasi upaya Khuat Van Khang.

Namun setelah berkonsultasi dengan VAR, gol bunuh diri Irak dianulir wasit karena Van Khang berada dalam posisi offside.

Habis Bobol Gawang Irak, Vietnam Bermain dengan 10 Pemain

Vietnam akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit 42, lewat gol Bui Hoang Viet Anh yang berhasil menyarangkan assist Van Khang dengan kaki kanannya. GOL! 1-0 Vietnam memimpin.

Namun di masa injury 45+4 Vietnam harus bermain dengan 10 pemain setelah penyerang mereka, Khuat Van Khang menerima kartu kuning kedua dan harus tinggalkan lapangan.

Lagi-lagi Vietnam berhasil tunjukkan permainan gemilangnya. Meskipun hanya diperkuat 10 pemain, mereka berhasil mempertahankan keunggulannya di sisa babak pertama.

Irak Kembali Memimpin di Babak Kedua, Tapi Gagal Penalti

Namun, alih-alih mempertahankan keunggulannya, gawang Vietnam malah kebobolan di awal babak kedua.

Rebin Solaka berhasil menyarangkan sundulan kepalanya dari jarak dekat dan membawa Irak samakan kedudukan 1-1. GOL!

Bermain hanya dengan 10 pemain benar-benar membuat Vietnam akhirnya tak bisa menahan gempuran para pemain Irak.

Irak memang berhasil mengancam gawang Vietnam berkali-kali, hingga akhirnya berbalik unggul di menit ke-73, saat Aymen Hussein berhasil menyarangkan bola sundulan kepalanya dari jarak dekat ke gawang Nguyen Filip. GOL! 2-1 Irak memimpin.

Irak mendapat penalti di 10 menit terakhir setelah Bui Hoang Viet Anh lakukan pelanggaran. Namun, bola tendangan kaki kanan Aymen hanya membentur tiang gawang Vietnam. GAGAL!

Vietnam Samakan Kedudukan, Tapi Irak Dapat Hadiah Penalti Lagi!

Di awal masa injury Vietnam yang hanya diperkuat 10 pemain berhasil mengejar dan samakan kedudukan 2-2 setelah mereka berhasil memanfaatkan kesalahan pemain Irak dalam mengantisipasi serangan.

Gol penyama kedudukan Vietnam dibukukan Nguyen Quang Hai lewat tendangan kaki kirinya di dalam area penalti di masa injury 90+1. GOL!

Di akhir masa injury babak kedua, Irak kembali mendapat hadiah penalti setelah pelanggaran lagi-lagi dilakukan Vo Minh Trong di area penalti. Aymen pun kembali tampil sebagai algojo!

Kali ini, tembakan Aymen gagal diamankan kiper Vietnam atau membentur tiang sebelum eksekusi penalti sebelumnya. GOL!! Irak kembali memimpin di menit 90+12, laga pun ditutup dengan skor 3-2!

Susunan Pemain Irak vs Vietnam

  • Irak (4-2-3-1): Al Fadhli; A Mohideen, Z Tahseen, R Sulaka, Merchas Doski; O Rashid, A Allee; M Madjed, Z Iqbal, B Rasan; Al Hamadi.
  • Vietnam (5-4-1): Nguyen Filip; Trong VM, Le NB, Phan TT, Bui Hoang VA; Nguyen D, Nguyen TS, Nguyen T; Do HD; Khuat Van Khang.