Hasil Piala Asia: Iran Comeback Dramatis dan Kalahkan Jepang, Tim Melli Melaju ke Babak Semifinal

Gilabola.com – Timnas Iran secara dramatis berhasil mengalahkan Jepang di babak perempat final turnamen Piala Asia 2023, Alireza Jahanbakhsh mencetak penalti pada menit ke-96 untuk kemenangan sensasional 2-1 atas Jepang pada hari Sabtu.

Tim Negeri Matahari Terbit dianggap sebagai favorit pemenang dalam pertandingan melawan Timnas Iran, dan bahkan dijagokan juara di kompetisi ini.

Iran, tanpa penyerang Porto yang diskors, Mehdi Taremi, mendapat peluang pertama pada menit ke-13 ketika winger Feyenoord Jahanbakhsh melepaskan tembakan yang melambung di atas mistar gawang Zion Suzuki.

Pemain Jepang tampak kebingungan awalnya oleh kekuatan fisik lawan mereka, tetapi mereka mampu memberikan perlawanan sebaik mungkin dan Itakura mendapat kartu kuning karena menghentikan serangan Iran dengan cara yang keras.

Jepang akhirnya berhasil membuka kebuntuan dalam pertandingan dengan cepat, lewat aksi gelandang Sporting, Hidemasa Morita, yang berhasil mencetak gol dengan tembakan presisi pada menit ke-28.

Enam menit sebelum babak pertama berakhir, Iran, yang lolos melalui adu penalti melawan Suriah di babak 16 besar, hampir menyamakan kedudukan tetapi Saman Ghoddos melepaskan tembakan yang melenceng.

Jepang masih unggul satu gol saat memasuki jeda istirahat. Namun, sepuluh menit setelah babak kedua dimulai, penyerang Iran, Mohammad Mohebi menyamakan kedudukan setelah menerima umpan dari penyerang AS Roma, Sardar Azmoun.

Jepang masih mendominasi penguasaan bola di paruh kedua tetapi mereka kalah dalam jumlah tembakan dibandingkan Tim Melli (empat berbanding delapan tembakan), dan hanya menguji gawang Iran sekali saja.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Laga berlangsung ketat dan kedua tim akirnya tidak dapat menentukan pemenang dalam waktu normal, skor masih imbang 1-1.

Namun, dalam masa injury time babak kedua, Iran berhasil mendapatkan penalti yang dikonversi dengan sempurna oleh penyerang Feyenoord, Alireza Jahanbakhsh, mengamankan skor 2-11 dan membawa timnya ke semifinal Piala Asia.

Ini adalah comeback mengejutkan dari Iran, yang tertinggal di babak pertama tetapi bangkit kembali untuk mendepak tim favorit juara serta menjaga impian mereka untuk meraih gelar Asia pertama sejak tahun 1976.

Iran akan menhadapi pemenang laga antara Qatar melawan Uzbekistan sementara Korea Selatan melawan Yordania dalam semifinal pertama.