Juara DFB Pokal, Bayer Leverkusen Tak Lagi Neverkusen!

Juara Bundesliga Bayer Leverkusen berhasil mengalahkan tim divisi dua Kaiserslautern dengan kemenangan 1-0 pada hari Sabtu, memenangkan trofi DFB-Pokal (Piala Jerman) dan meraih gelar ganda domestik pertama klub.

Rekor tak terkalahkan Leverkusen di Bundesliga mencatat prestasi bersejarah. Namun, tim ini menghadapi kemunduran ketika mereka kalah 3-0 dari Atalanta di final Liga Europa pada hari Rabu di Dublin, mengakhiri 51 pertandingan tak terkalahkan mereka di semua kompetisi. Itu adalah kekalahan satu-satunya dalam 53 pertandingan musim ini.

Kemenangan di DFB Pokal ini menandai kemenangan piala domestik kedua Bayer Leverkusen, yang pertama sejak diraih terakhir kali pada tahun 1993.

“Memenangkan dengan cara ini menunjukkan semangat dan perjuangan kami untuk para penggemar dan klub,” kata pelatih Xabi Alonso. “Mencapai gelar ganda adalah kesuksesan besar yang akan kami kenang di masa depan.”

Bermain di Olympiastadion Berlin, yang akan menjadi tuan rumah final Euro 2024 pada bulan Juli, Leverkusen mengambil keunggulan awal dengan tembakan kuat 20 meter dari Granit Xhaka pada menit ke-16.

Meskipun dikurangi menjadi 10 pemain setelah Odilon Kossounou menerima kartu kuning kedua tepat sebelum jeda babak pertama, Leverkusen tetap mengendalikan pertandingan. Kaiserslautern jarang mengancam setelah jeda, memungkinkan Leverkusen dengan nyaman mengamankan trofi kedua mereka musim ini.

“Keyakinan tim sangat penting. Mereka siap bertarung dengan 10 pemain, dan saya bangga dengan itu,” komentar Alonso.

Merefleksikan musim ini, Alonso menambahkan, “Saya butuh waktu untuk memproses apa yang terjadi musim ini. Itu adalah musim impian, dan mengakhirinya dengan perayaan seperti ini sangat istimewa.”

Dulu dijuluki “Neverkusen” karena lama tidak memenangkan gelar sejak kemenangan piala mereka tahun 1993, Leverkusen mengakhiri musim dengan lebih banyak trofi, setelah juga memenangkan gelar Bundesliga tanpa satu kekalahan pun—prestasi yang belum pernah dicapai oleh tim Jerman mana pun.

“Itu adalah kemenangan yang pantas,” kata CEO klub Fernando Carro. “Kami bisa mencetak lebih banyak gol, tapi secara keseluruhan, itu adalah kemenangan yang sepenuhnya pantas. Kami mengangkat piala setelah kekecewaan pada hari Rabu. Pujian untuk tim atas kemenangan gelar ganda ini.”

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!