Mentereng di Piala Asia, Bek Bayern Munchen Asal Korea Jadi Terbaik Ke-2 di Dunia

Gila Bola – Bintang Bayern Munchen, Kim Min-jae, yang tengah membela Timnas Korea Selatan di Piala Asia saat ini, menjadi bek tengah terbaik kedua di dunia dalam hal statistik duel di udara.

Observatorium Sepak Bola CIES yang berada di bawah Fifa mengumumkan daftar 100 bek tengah dengan statistik duel di udara terbaik pada hari Kamis waktu setempat, di mana Kim Min-jae berada di posisi kedua daftar tersebut.

Bek tengah yang sudah bermain di lebih dari 900 menit laga profesional musim ini, menempati peringkat itu berdasarkan indeks duel di udara, jumlah kemenangan, proporsi kemenangan dan kualitas permainan dalam laga-laga yang dimainkannya bersama tim yang dibelanya.

Kim kantongi torehan 92,2 poin, setelah Virgil van Dijk yang bukukan torehan tertinggi sebanyak 93,0 poin. Dan, hanya dua dari 100 pemain di daftar itu yang mengoleksi skor di atas 90 poin.

Baik Kim Min-jae maupun Van Dijk punya keunggulan sama, yakni memiliki tinggi badan melebihi 190 sentimeter dan perawakan yang kokoh. Kim – yang ikut membawa Napoli menyabet gelar juara Serie A Italia musim lalu – untuk pertama kalinya dalam 33 tahun terakhir, telah tunjukkan performa luar biasa sejak pindah ke Bayern Munchen pada bulan Juli tahun lalu.

Bersaing Prestasi dengan Virgil van Dijk

Ia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik di Tahun 2023 oleh Asosiasi Sepak Bola Korea pada 2 Januari 2024, dan memiliki peran penting di lini pertahanan Timnas Korea Selatan di Piala Asia yang saat ini sedang berlangsung di Qatar.

Sementara Van Dijk, meraih penghargaan Pemain Terbaik dari Asosiasi Sepak Bola Eropa (Uefa) pada musim 2018/19 – untuk pertama kalinya diberikan kepada seorang bek.

Ia mendapat banyak perhatian saat itu, ketika ia meraih penghargaan seperti yang pernah diraih bintang sepak bola global, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Pada tahun 2019, Van Dijk juga menduduki peringkat kedua setelah Messi di malam penghargaan Ballon d’Or – yang diberikan kepada pemain terbaik dunia.

Hanya Satu Pemain K-League yang Masuk Daftar 100 Bek Terbaik Dunia

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Kembali ke daftar 100 bek terbaik, Danilo Pereira – rekan satu tim pemain Korsel lainnya, Lee Kang-in, di PSG, menduduki peringkat ketiga dalam daftar tersebut, dengan koleksi 89,4 poin.

Lalu, Harrison Delbridge dari Incheon United menjadi satu-satunya pemain K-League yang namanya muncul dalam daftar tersebut. Ia berada di peringkat ke-45 dengan mengantongi 82,3 poin. Demikian diungkapkan situs yang berbasis di Korsel, Donga.