Rumania Tampil Mengejutkan, Bantai Ukraina yang Bertabur Bintang

Gila Bola – Hasil Rumania vs Ukraina di pertandingan pertama Grup E Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Allianz Arena, Senin (17/6) malam, berakhir dengan skor 3-0.

Kekalahan telak ini cukup mengejutkan bagi fans Ukraina, yang lebih diunggulkan menang di laga ini dibandingkan Rumania. Apalagi, Ukraina diperkuat sejumlah pemain bintang, seperti pemain Chelsea Mikhailo Mudryk, bintang Arsenal Oleksandr Zinchenko dan kiper Real Madrid, Andriy Lunin.

Di samping itu dari posisi di Ranking Fifa, Ukraina yang berada di peringkat 22 terpaut cukup jauh di atas Rumania yang bertengger di posisi 46.

Namun, sejak menit-menit awal Ukraina sudah kewalahan menahan gempuran para pemain Rumania, yang di antaranya diperkuat pemain Hotspur, Radu Dragusin, meskipun beberapa kali pula berhasil menggagalkan ancaman Rumania.

Hingga akhirnya, Nikolae Stanciu berhasil memanfaatkan kesalahan pemain belakang Ukraina di area penalti dan membawa Rumania memimpin di menit ke-29.

Setelah gol Stanciu, Rumania tambah bersemangat kalahkan Ukraina di laga ini. Razvan Marin menggandakan keunggulan Rumania di menit 53. Giliran Denis Dragus yang menambah koleksi gol tim asuhan Edward Iord─ânescu menjadi 3-0 di menit ke-57.

Rumania benar-benar tampil mengejutkan di laga pertama mereka malam ini. Kemenangan telak atas Ukraina inipun membawa Rumania bertengger di posisi teratas klasemen Grup E dengan koleksi poin tiga. Sedangkan Ukraina, berada di posisi juru kunci.

Bek Ukraina Blunder, Rumania Memimpin

Ukraina yang tampil menekan sejak kickoff harus menyaksikan gawang mereka kebobolan lebih dulu, saat Nikolae Stanciu berhasil memanfaatkan kesalahan pemain belakang Ukraina dan tanpa ampun menyarangkan bola ke gawang Andriy Lunin. GOL!! Rumania memimpin 1-0 di menit 29.

Kerja keras Mudryk dan kawan-kawan untuk menyamakan skor selalu berhasil diantisipasi ppemain bertahan Rumania, hingga keunggulan 1-0 skuad The Three Colours bertahan hingga jeda.

Ukraina Kebobolan Dua Gol Lagi di Babak Kedua

Alih-alih mengejar ketertinggalannya, Ukraina malah kebobolan lagi di awal babak kedua. Gol indah Rumania dibukukan Razvan Marin di menit ke-53, yang harusnya bisa diamankan Lunin.

Sayangnya, meskipun ia bergerak ke arah yang benar, tetapi bola meluncur masuk gawangnya di bawah tubuhnya sesaat sebelum ia terhempas ke atas lapangan. GOL! 2-0 Untuk Rumania.

Hanya empat menit kemudian, Rumania kembali menambah koleksi golnya lewat aksi Denis Dragus yang sukses memanfaatkan umpan Dennis Man. GOL!! 3-0!

Ancaman datang dari kubu Ukraina di menit ke-76, apalagi bola sempat terlepas dari tangan kiper Rumania, Florin Nita, tapi beruntungnya Rumania bisa mempertahankan keunggulan mereka karena bola kembali berhasil ditangkap.

Mudryk juga punya peluang emas yang harusnya bisa membawa Ukraina memperkecil ketertinggalan mereka di menit 83. Sayang tembakannya masih melambung di atas gawang lawan.

Susunan Pemain Rumania vs Ukraina

  • Rumania (4-1-4-1): Florin Nita; Andrei Ratiu, Radu Dragusin, Andrei Burca, Nicusor Bancu; Marius Marin; Dennis Man, Razvan Marin, Nicolae Stanciu, Florinel Coman; Denis Dragus.
  • Ukraina (4-2-3-1): Andriy Lunin; Oleksandr Zinchenko, Mykola Matviyenko, Illya Zabarnyi, Yevhen Konoplia; Mykola Shaparenko, Taras Stepanenko; Mykhailo Mudryk, Heorhiy Sudakov, Viktor Tsygankov; Artem Dovbyk.