Thomas Tuchel Siap Gantikan Gareth Southgate di Timnas Inggris

Thomas Tuchel inginkan posisi pelatih Timnas Inggris jika Gareth Southgate mengundurkan diri usai Timnas Inggris tersingkir di permpat final Piala Dunia.

Gila Bola – Thomas Tuchel yang terakhir kali mengasuh Chelsea itu, saat ini sudah kembali ke Jerman usai didepak The Blues di bulan September.

Namun, pelatih 49 tahun itu akan sangat senang jika ia bisa kembali ke Inggris sebagai pelatih the Three Lions.

Thomas Tuchel mengaku sudah melihat langsung seluruh pemain muda berbakat yang dimiliki Inggris, baik di bekas klubnya di Stamford Bridge maupun di tim-tim Inggris lainnya.

Bintang Chelsea seperti Mason Mount, Reece James, Conor Gallagher, Raheem Sterling dam Ben Chilwell seluruhnya telah menjadi bagian dari skuad Inggris saat ini.

FA Ingin Gareth Southgate Tetap Melatih Inggris

Namun, tampaknya akan sulit bagi Thomas Tuchel untuk gantikan posisi Gareth Southgate, karena pihak Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sangat ingin Southgate bertahan meski Inggris dikalahkan Perancis, 1-2, di perempat final Piala Dunia Qatar.

Meski demikian, pelatih the Three Lions itu meminta waktu untuk putuskan masa depannya. Ia saat ini terikat kontrak yang akan berlaku hingga akhir tahun 2024, di mana ajang Kejuaraan Eropa di Jerman tinggal 18 bulan lagi.

Jika Gareth Southgate memilih berhenti, cukup dimengerti jika FA kemudian ingin datangkan pelatih pengganti yang sama-sama berasal dari Kepulauan Inggris. Tiga kandidat sudah mengemuka, yakni Graham Potter,  Brendan Rodgers dan Eddie Howe.

Menurut SunSport, pelatih asal Argentina yang pernah mengasuh Tottenham, Mauricio Pochettino, saat ini berada di posisi atas daftar kandidat pelatih baru Inggris.

Thomas Tuchel Ungkap Keinginannya Dua Bulan Lalu

Pada bulan Oktober,┬áThomas Tuchel sudah mengakui bahwa ia ‘terbuka untuk mengambil alih pekerjaan pelatih Timnas Inggris’, setelah ia secara mengejutkan dipecat Chelsea.

Ketika itu media Jerman, Bild, menyatakan setelah satu bulan menganggur Tuchel mempertimbangkan untuk mengasuh The Three Lions – jika lowongan itu tersedia setelah Piala Dunia Qatar usai.

Gareth Southgate tengah berada di bawah tekanan terbesar setelah enam tahun ia melatih Inggris. Harry Maguire dan kawan-kawan tak pernah menang dalam enam pertandingan jelang Piala Dunia digelar bulan depan.

Thomas Tuchel Harus Bersaing dengan Penggantinya

Hingga akhirnya muncul perkiraan bahwa Southgate akan tinggalkan jabatannya itu setelah event di Qatar selesai, terlepas dari sejauh mana timnya akan melaju, dan meskipun ia terikat kontrak hingga bulan Desember 2024.

Namun pengganti Tuchel di Stamford Bridge, Graham Potter, masih difavoritkan bakal menjadi manajer Timnas Inggris yang berikutnya, meskipun ia belum lama teken kontrak lima tahun dengan Chelsea.

Kategori: Gilabola.com, Sepak Bola Internasional
Topik: Chelsea, Thomas Tuchel, Timnas Inggris
SelanjutnyaHasil Arema FC vs Persita Tangerang, Singo Edan Wujudkan Ambisi Lanjutkan Tren Kemenangan
Eka Chandrasari telah memiliki pengalaman sebagai wartawan senior olahraga sejak tahun 1998 dan telah bekerja di beberapa media cetak dan online pada era bubble dot-com pada tahun 2000 seperti Satunet.com, SatuSport.com dan Astaga.com. Sebagai seorang wartawan senior, dia memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri media dan mengikuti perkembangan teknologi yang memengaruhi dunia jurnalistik. Pada masa era dot-com, Eka Chan turut berkontribusi dalam perkembangan media online di Indonesia dengan bergabung di beberapa platform media online ternama.