Timnas Skotlandia Lolos ke Piala Eropa 2024, Pelatih Steve Clarke Ukir Sejarah

Gila BolaTimnas Skotlandia lolos ke Euro 2024. Pelatih Steve Clarke pun menjadi manajer pertama yang sukses membawa The Tartan Army beraksi di ajang tersebut untuk kedua kalinya secara beruntun usai kemenangan Spanyol atas Norwegia.

Kemenangan 1-0 Timnas Spanyol lewat gol Pablo Gavi di Oslo, membuat Norwegia tak bisa lagi mengejar Skotlandia. Erling Haaland dan kawan-kawan kini hanya berharap lolos melalui babak play-off.

Walau keberhasilan Skotlandia terjadi karena situasi di pertandingan lain, kualifikasi ini dirasa sangat pantas bagi Skotlandia, setelah mereka bukukan lima kemenangan dan hanya sekali kalah dalam enam pertandingan. Andrew Robertson dan rekan-rekannya alami kekalahan saat mereka hadapi Spanyol pekan lalu.

Tim asuhan Clarke memenangkan laga tandang melawan Norwegia, dan pertemuan antara kedua tim di Glasgow itu masih akan terjadi, sementara Skotlandia juga akan hadapi Georgia bulan depan. Namun, pertandingan itu sekarang tak akan memengaruhi perolehan yang dibukukan Skotlandia pekan ini.

Timnas Skotlandia Baru Empat Kali Lolos ke Euro

Dengan demikian, Skotlandia berhasil lolos ke ajang Piala Eropa untuk keempat kalinya dalam sejarah mereka, setelah sebelumnya tampil di kompetisi tersebut pada tahun 1992, 1996 dan terakhir pada tahun 2020.

Andy Roxburgh menjadi pelatih yang memimpin Skotlandia saat lakoni kualifikasi Euro 1992, sedangkan Craig Brown menjadi pelatih saat mereka lolos ke Euro 1996.

Hal ini berarti Steve Clarke menjadi manajer pertama yang berhasil membawa Skotlandia lolos untuk kedua kalinya, dan tentu saja untuk pertama kali secara beruntun.

Timnas Wales juga Punya Peluang Melaju Usai Kalahkan Kroasia

Sementara itu, Wales menjaga harapan kualifikasinya tetap hidup lewat kemenangan mengejutkan, 2-1, atas Kroasia di Cardiff, di mana Harry Wilson menjadi pemain yang mencetak dua gol Wales.

Tim asuhan Rob Page itu akan tandang ke Armenia, kemudian menjamu Turki pada bulan depan, di mana dua kemenangan di laga tersebut bisa menjamin mereka melaju ke putaran final Euro 2024, karena mereka saat ini unggul dalam pertemuan head-to-head dengan Kroasia – yang memiliki poin sama, yakni 10 poin.

“Ini menjadi hasil besar bagi kami. Kami sudah berada dalam situasi sulit dan kami tahu apa yang harus kami lakukan jelang pertandingan ini,” tandas Kapten Timnas Wales, Ben Davies, seperti dilansir dari Metro.

“Ini menjadi malam akbar, tapi tidak akan berarti jika kami tak mengikutinya dengan penampilan yang bagus bulan depan. Kami sudah tunjukkan semangat kami berulang kali. Kami bermain malam ini dan berikan penampilan yang bagus. Kami tahu kami punya hubungan yang baik dengan mereka (para suporter),” tambahnya.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!