Bayern Munchen Akhirnya akan Andalkan Matthijs de Ligt Usai Menang atas Mainz

Gila Bola – Pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel, tampaknya akan memberi waktu bermain lebih banyak kepada Matthijs de Ligt usai Die Roten menang, 3-1, di kandang Mainz di pekan ke-8 Bundesliga akhir pekan lalu.

Matthijs de Ligt lakoni karir yang sulit di Bayern Munchen sejauh musim ini. Pasalnya, dia tak diunggulkan Thomas Tuchel, lalu alami cedera di laga pertamanya musim ini, yakni saat Bayern membantai VfL Bochum, 7-0.

De Ligt ikut mencetak gol dalam laga tersebut, tapi ia kemudian diganti Dayot Upamecano di babak pertama karena alami masalah lutut – yang akhirnya membuat pemain asal Belanda tersebut absen selama beberapa pekan, baik untuk klub maupun tim nasional.

Namun, De Ligt bermain selama 90 menit saat Bayern Munchen menang 3-1 di kandang Mainz pada hari Sabtu (21/10). Dia berduet bersama Kim Min-jae di posisi bek tengah, karena Tuchel kekurangan pilihan pemain di lini belakang.

Bayern Munchen Kehilangan Banyak Pemain Belakang

Bayern kehilangan Upamecano, Noussair Mazraoui dan Raphaël Guerreiro yang masih cedera sampai saat ini.

Seperti yang telah dilakukannya beberapa kali di musim ini, Tuchel harus mainkan Konrad Laimer sebagai starter di posisi bek kanan, tapi Bouna Sarr akhirnya mengambil peran itu saat ia gantikan Leon Goretzka di pertengahan babak kedua.

Tuchel hampir pastikan bahwa tiga pemainnya; Upamecano, Guerreiro dan Mazraoui juga akan absen di pertandingan Liga Champions melawan Galatasaray pada Selasa (24/10) malam, pukul 23.45 WIB.

Ini berarti pelatih 50 tahun itu benar-benar tak punya pilihan lain, selain turunkan De Ligt sebagai starter – kembali bersama Kim, sekali lagi.

Thomas Tuchel Janji akan Andalkan Matthijs de Ligt

Thomas Tuchel pun mengkonfirmasikan kemungkinan tersebut usai kemenangan timnya atas Mainz.

“Dia (De Ligt) harus (bermain setiap tiga hari). Kita harus katakan itu, kita tak punya pilihan lain karena Upa sedang cedera,” ujar Tuchel ketika ditanya mengenai cedera pemain belakang di dalam skuadnya, dan apakah dia harus terus mainkan De Ligt di saat begitu banyak pemain yang absen, seperti dilansir Bavarian Football Works.

Bagi Bayern Munchen dan juga Matthijs de Ligt, ini menjadi risiko yang cukup diperhitungkan, karena mantan bintang Ajax itu sendiri baru saja pulih dari cedera lutut. Namun, Tuchel saat ini memang benar-benar tak punya banyak pilihan lain.

Thomas Tuchel Sempat Jajal Duet Bek Tengah Berbeda

Di laga putaran pertama DFB-Pokal melawan Preussen Munster, Tuchel telah turunkan pasangan bek tengah;  Goretzka dan Mazraoui, karena pemain lain tak tersedia.

Namun, tentunya ada alasan lebih untuk mencoba formasi tersebut di laga melawan tim seperti Münster, dibandingkan mencobanya di beberapa pertandingan Bundesliga atau Liga Champions yang akan dihadapi Bayern.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!