Jude Bellingham Tetap Sumber Pendapatan Terbesar Borussia Dortmund, Pengaruhi Final Liga Champions?

Gila Bola – Jude Bellingham masih menjadi sumber pendapatan terbesar bagi bekas klubnya, Borussia Dortmund.

Bintang internasional Inggris yang kini menjadi andalan Real Madrid itu dijadwalkan akan bereuni dengan klub asal Jerman tersebut di final Liga Champions yang akan berlangsung di Stadion Wembley, 2 Juni 2024.

Bellingham tinggalkan Borussia Dortmund pada musim panas tahun lalu, dan langsung bersinar bersama Madrid. Di klub raksasa Spanyol ini, pemain 20 tahun itu dikontrak selama enam tahun.

Menurut laporan Bild, Dortmund masih bisa mendapatkan dana hingga 10 juta Euro – setara 173 miliar Rupiah, dari Madrid pada musim panas ini, terkait klausul yang tercantum dalam kontrak Bellingham yang resmi menjadi pemain El Real pada 14 Juni 2023.

Ketika itu, BVB harus mengeluarkan keputusan menyakitkan dengan membiarkan pemain bintang andalan mereka tersebut melebarkan sayapnya ke La Liga. Dengan kesepakatan senilai 103 juta Euro atau sekitar 1,8 triliun Rupiah, Bellingham akhirnya tinggalkan Westfalenstadion yang telah dibelanya sejak tahun 2020.

Borussia Dortmund Untung Besar Melepas Bellingham ke Madrid

Namun, meskipun Bellingham tak lagi membela Dortmund, dia tetap bisa memberikan banyak penghasilan kepada klub yang telah membesarkan namanya tersebut.

Ini terkait bonus dalam kesepakatan kontrak Bellingham ke Madrid, yang membuat keseluruhan biaya transfernya bisa melejit hingga 134 juta Euro – atau 2,3 triliun Rupiah.

Namun, setelah Los Blancos dinobatkan sebagai juara Liga Spanyol belum lama ini, BVB akan kantongi 5 juta Euro – setara dengan 86,5 miliar Rupiah, dari potensi tambahan yang seluruhnya mencapai 31 juta Euro atau sebesar 536,5 miliar Rupiah.

Selain itu, Dortmund juga akan mendapatkan dana sebesar 4,5 juta Euro – atau sekitar 78 miliar Rupiah, yang bisa ditambahkan ke biaya tersebut pada musim panas mendatang.

Saat negosiasi kesepakatan dengan Madrid, Westfalenstadion telah memastikan dana tambahan dalam kesepakatan itu dijamin akan diterima pihak Dortmund dalam beberapa musim ke depan.

Sadar dengan kekuatan tim raksasa asal Spanyol itu, Dortmund pun paham betul kesuksesan domestik maupun kontinental sedang menghampiri mereka.

‘Sumbangan’ Bellingham ke Borussia Dortmund Pengaruhi Final Liga Champions?

Karena itulah, seperti dilansir dari Get News Football Germany, jika El Real menjadi juara Liga Champions musim ini, maka Dortmund akan mendapat tambahan dana sekitar 78 miliar Rupiah tersebut dari klub ibu kota Spanyol itu. Totalnya, Bellingham bahkan akan ‘menggelontorkan’ tambahan dana hingga 9,5 juta Euro atau setara 164 miliar Rupiah kepada bekas klubnya tersebut – pada musim ini saja.

Meski demikian, Dortmund diberitakan siap menunda datangnya kuncuran dana tambahan sebesar 78 miliar Rupiah hingga musim depan, karena mereka menjadi tim yang akan dihadapi Madrid di final Liga Champions bulan depan.

Jadi, hitung-hitungan ‘keuntungan’ yang akan diterima Dortmund ini tak akan pengaruhi hasil di final Liga Champions nanti, bukan?

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!