Daftar 12 Klub yang Sudah Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions, Siapa Saja Mereka?

Gila Bola – Dari 16 tiket ke babak 16 besar Liga Champions, 12 di antaranya sudah bertuan, dengan empat tiket tersisa akan diperebutkan di matchday terakhir babak penyisihan grup pertengahan pekan ini. Lantas, siapa saja 12 tim yang sudah lolos?

Di Grup A, Bayern Munchen sudah lolos sebagai juara grup setelah memenangkan empat dari lima pertandingan mereka dengan tanpa kekalahan, meraih 13 poin, dan bahkan sudah lolos sejak matchday keempat.

Dua tiket di Grup B sudah bertuan, dengan Arsenal sudah dipastikan menjadi juara grup usai memenangkan 12 poin dan disusul PSV Eindhoven yang mengoleksi 8 poin, sementara mereka unggul head to head atas Lens (5 poin).

Kemudian Real Madrid sudah memastikan diri menjadi juara Grup C dengan memenangkan semua lima pertandingan mereka, dengan satu tiket tersisa akan diperebutkan duel Napoli vs Braga di Italia.

Real Sociedad dan Inter Milan telah mengunci dua tiket dari Grup D, tapi dengan sama-sama meraih 11 poin dari lima pertandingan, keduanya sekarang akan saling bertarung di Giuseppe Meazza untuk menentukan siapa yang berhak memuncaki klasemen.

Dua tiket di Grup E juga sudah sold out dengan Atletico Madrid (11 poin) dan Lazio (10 poin) sudah tidak mungkin terkejar rival-rival mereka, dan sama seperti kasus di Grup D, kedua tim asal Spanyol dan Italia itu akan beradu di laga pamungkas untuk menentukan juara grup.

Lalu Grup F yang disebut-sebut sebagai grup neraka sudah memilik Borussia Dortmund (10 poin) sebagai wakil mereka, dan sementara PSG adalah favorit untuk menyusul, Newcastle dan AC Milan masih punya peluang.

Juara bertahan Manchester City sudah memastikan diri sebagai juara Grup G setelah sapu bersih lima pertandingan mereka, disusul RB Leipzig dengan koleksi sembilan poin untuk finis sebagai runner up.

Terakhir di Grup H, Barcelona hampir pasti akan menjadi juara Grup H dan sudah lolos juga ke babak 16 besar, tinggal satu tiket tersisa yang akan diperebutkan antara FC Porto dan Shakhtar Donetsk yang sama-sama meraih 9 poin.

Setelah semua 16 peserta sudah lolos, selanjutnya pengundian babak perdelapan final akan dilakukan pada 18 Desember mendatang, dengan juara grup akan masuk Pot 1 untuk diundi melawan runner up grup di Pot 2.

Ada dua aturan utama di babak 16 besar ini, pertama bahwa dua tim yang sudah bertemu di fase grup tidak boleh bertemu lagi dan kedua, tim dari negara yang sama juga tidak boleh bertemu.

Juara grup akan berhak memainkan leg kedua di kandang dengan leg pertama babak 16 besar akan dimainkan pada 13-14 serta 20-21 Februari 2024 sedangkan leg kedua pada 5-6 dan 12-13 Maret 2024.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!