Drama Newcastle di Grup F, Dari Semula Lolos UCL, Turun Liga Europa, Akhirnya Gak Kebagian Sama Sekali!

Gila Bola – Saat gol Joelinton menerpa gawang Milan, seluruh stadion bersorak dan demikian juga para pemain Newcastle United. Tapi perayaan mereka terlalu awal karena kemudian Christian Pulisic menyamakan skor. Dan jika drama itu masih kurang, ada satu gol lagi oleh pemain tamu jelang akhir.

Di saat yang sama, pertandingan Borussia Dortmund vs PSG yang berlangsung pada jam yang sama Kamis dinihari (14/12) berakhir imbang 1-1 yang merampas jatah Newcastle untuk lolos ke putaran selanjutnya dari kompetisi Liga Champions itu.

Dengan kemangan Milan serta hasil imbang BVB vs PSG maka Dortmund dan Les Parisiens lah yang melaju ke tahap 16 besar, dan skuad Eddie Howe harus melupakan mimpinya untuk lolos. The Magpies kini bahkan gagal sama sekali bermain di Liga Europa. Jatahnya diambil Rossoneri.

Jadilah, Joelinton dan kawan-kawan turun pangkat dua kali. Semula lolos ke 16 besar Liga Champions, lalu turun ke Liga Europa setelah PSG menyamakan skor di BVB. Eh masih diturunkan satu lagi oleh gol jelang akhir.

Samuel Chukwueze, pemain asal Nigeria, jadi penentu kemenangan skuad Stefano Pioli pada laga di Saint James’ Park ini. Golnya pada menit 84 mematahkan hati para pendukung the Magpies.

Bagaimana Situasi Terakhir Grup F UCL?

BVB sudah sejak matchday kelima memastikan diri lolos ke tahap 16 besar dan hasil imbang pada Kamis dinihari ini menyebabkan klub Bundesliga itu memiliki nilai 11.

Tim kuning Bundesliga itu bermain lebih rileks dan mencetak gol lebih dulu melawan PSG melalui gol Karim Adeyemi.

Urutan kedua Grup F dipegang oleh PSG dengan perolehan nilai 8 saja, usai imbang dua kali beruntun. Terakhir kali main draw 1-1 kontra Newcastle dan kemudian imbang lagi pagi ini di Westfalenstadion.

Gol penyama kedudukan itu dilesakkan oleh Warren Zaire-Emery hanya berselang lima menit saja sejak gol Adeyemi tadi.

Newcastle Tidak Kebagian Apa-apa

Posisi ketiga grup, yang memberi tiket ke Europa League, dimiliki oleh AC Milan. Gol dramatis Samuel Chukwueze pada menit 84 di kandang Newcastle jadi penyebab mereka naik ke urutan ketiga dengan poin 8, sekaligus menjerumuskan Newcastle.

Newcastle tidak kebagian apa-apa di kompetisi Eropa kali ini. Nilai hanya lima setelah mereka kalah tiga kali, imbang dua kali dan hanya menang satu melalui kemenangan mengejutkan 4-1 atas PSG pada matchday kedua.

Kesalahan pasukan Eddie Howe adalah, mereka menang terlalu besar 4-1 atas favorit PSG, menyebabkan anak-anak the Magpies merasa segalanya akan baik-baik saja. Tidak ada kemenangan lagi terjadi setelah kemenangan atas Les Parisiens itu.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!