Hasil Borussia Dortmund vs PSV Eindhoven, Skor Akhir 2-0 Agregat 3-1

Borussia Dortmund berhasil mengamankan tempat mereka di perempat final Liga Champions setelah meraih kemenangan 2-0 dengan skor agregat 3-1 atas PSV Eindhoven dalam leg kedua babak 16 besar.

Pertandingan ini berlangsung ketat sejak leg pertama, di mana Luuk de Jong menyamakan kedudukan melalui penalti setelah gol awal dari Donyell Malen, sehingga kedua tim berimbang 1-1 menjelang leg kedua.

Jadon Sancho dan Marco Reus mencatatkan gol untuk memastikan kemenangan dua gol bagi Dortmund dalam leg kedua di Jerman, mengamankan posisi mereka di perempat final Liga Champions dengan skor agregat 3-1.

Dortmund menunjukkan ancaman sejak awal pertandingan dan hampir unggul pada menit kedua melalui peluang Ian Maatsen, namun upayanya dimentahkan oleh kiper PSV Walter Benitez.

BVB kemudian berhasil membuka keunggulan kurang dari satu menit kemudian melalui gol yang dicetak oleh pemain pinjaman dari Manchester United, Jadon Sancho.

PSV kesulitan membersihkan lini pertahanan mereka, sehingga umpan dari Julian Brandt dimanfaatkan oleh Sancho untuk mencetak gol, yang merupakan gol pertamanya dalam Liga Champions setelah 840 hari dan membawa Dortmund unggul 2-1 secara agregat.

Dortmund terus menekan dan hampir mencetak gol kedua melalui Niclas Fullkrug dan Donyell Malen, dengan tim tuan rumah memainkan tempo cepat.

Kiper Dortmund, Gregor Kobel, melakukan penyelamatan penting untuk menahan tendangan Johan Bakayoko yang hampir mengarah ke gawang pada menit ke-31.

PSV berusaha menyamakan kedudukan menjelang akhir babak pertama, namun upaya mereka belum membuahkan hasil. Malen, De Jong, dan tim tamu lainnya juga mendapatkan peluang, tetapi tidak berhasil mencetak gol hingga jeda pertandingan.

Di babak kedua, PSV bermain lebih baik dan mendapatkan beberapa peluang, tetapi gagal memanfaatkannya. Dortmund juga memiliki kesempatan untuk menambah gol melalui Fullkrug, tetapi golnya dianulir karena offside setelah peninjauan VAR.

PSV semakin bersemangat di akhir pertandingan, namun Dortmund berhasil menutup pertandingan dengan baik. Marco Reus akhirnya memastikan kemenangan Dortmund dan posisi mereka di perempat final Liga Champions setelah memanfaatkan kesalahan dari Isaac Babadi.

Selanjutnya, Dortmund akan fokus kembali ke Bundesliga untuk menghadapi Eintracht Frankfurt, sementara PSV akan melanjutkan kompetisi Eredivisie mereka melawan FC Twente.

Klik di sini jika data pertandingan di bawah tidak muncul.

Skor Borussia Dortmund vs PSV Eindhoven

Performa Tim di Liga Champions

Data dan Fakta Pertandingan

  • Hasil seri 1-1 di Eindhoven dalam leg pertama merupakan kali keenam peristiwa semacam itu terjadi dalam tahap eliminasi turnamen, menandakan performa PSV yang belum memuaskan di fase ini.
  • Sejak kemenangan 2-0 melawan Monaco pada babak 16 besar musim 2004-05, PSV belum meraih kemenangan dalam enam pertandingan tandang terakhir mereka di babak gugur Liga Champions, dengan tiga hasil imbang dan tiga kekalahan. Mereka telah tersingkir dalam tiga penampilan terakhir dan tidak mampu memenangkan leg pertama baik di kandang maupun tandang.
  • Sementara itu, Dortmund belum terkalahkan dalam delapan pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Champions, dengan empat kemenangan dan empat hasil imbang. Kekalahan terakhir mereka dari tim Belanda terjadi saat kalah 3-1 dari Ajax. Rentetan tak terkalahkan terpanjang mereka berlangsung dari Desember 1996 hingga September 1999, mencakup sembilan pertandingan.






advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!